UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI-1 SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Dovira Neta Rahman Hidayat Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Self-Efficacy, Bimbingan Kelompok, Problem Solving

Abstract

Siswa merupakan salah satu unsur yang terlibat langsung dalam proses belajar di sekolah dan menjadi
subjek serta objek pencapaian tujuan belajar. Namun terkadang Siswa merasa tidak mampu
terhadap suatu mata pelajaran tanpa adanya usaha untuk memperbaiki diri. Penelitian ini berusaha
untuk mengidentifikasi upaya meningkatkan self efficacy melalui bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving pada siswa SMA Negeri 10 semarang. Penelitian menggunakan metode Penelitian
Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Populasi penelitian adalah kelas XI-1 yang berjumlah 34
orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa self efficacy meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Artinya,
layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan self efficacy pada siswa kelas X1-1
SMA Negeri 10 Semarang.

References

Al Ashari, S. R., Mulyono, M., & Mariani, S.

(2021). The Ability of Mathematical

Reasoning and Self Efficacy Students

in Learning Project Based Learning

Assisted Moodle. Unnes Journal of

Mathematics Education Research,

(2), 220–226.

Allen, Gibson, M. D. (2000).

“Organizations Behavior, Structure,

Process” (pp. 1–605).

http://dl.motamem.org/organization

s_behavior_structure.pdf

Arsanti, T. A. (2014). PENGARUH

PSYCHOLOGICAL SUCCESS

FREQUENCY TERHADAP SELF

EFFICACY : Field Experiment.

November, 556–563.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the

exercise of control 1st edition (pp. 1–

.

Deliviana, E. (2015). PENINGKATAN

SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK

MELALUI LAYANAN KONSELING

DALAM MENGHADAPI ERA

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN.

Kartikarini, R. K., & Purwanti, M. (2022).

Gambaran social self-efficacy, self-

disclosure, dan status pertemanan

pada mahasiswa baru.

Persona:Jurnal Psikologi Indonesia.

Kvedere, L. (2014). Mathematics Self-

efficacy, Self-concept and Anxiety

Among 9 th Grade Students in Latvia.

Procedia - Social and Behavioral

Sciences, 116, 2687–2690.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201

01.636

Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting

Theory of Motivation. 15(1), 1–6.

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., &

Wahyudi, H. (2019). Validitas

Konstruk Instrumen General Self

Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal

Psikologi, 15(1), 1.

https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.69

Roebianto, A. (2020). The Effects of

Student’s Attitudes and Self-Efficacy

on Science Achievement. Jurnal

Pengukuran Psikologi Dan

Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–

https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14

Saifuddin, A. (2012). Penyusunan Skala

Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995).

General self-efficacy scale

(GSE)[Database record]. APA

PsycTests. Washington, DC, USA.

Yuliana, E., Simalango, M., Jausal, A. N., &

Berawi, K. N. (2022). Hubungan

Efikasi Diri Terhadap Tingkat Stres

dan Ansietas pada Mahasiswa yang

Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir

Program Studi Pendidikan Dokter

Universitas Lampung Correlation Of

Self-Efficiency To Stress And Anxiety

Level In Students Who Are

Completing Th. Jurnal, Mendula,

(April 2022), 191–197.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rahman Hidayat, D. N. (2023). UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI-1 SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1064–1072. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5225

Issue

Section

Prosiding 2023