UPAYA MENINGKATKAN SELF EFFICACY MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS XI-1 SMA NEGERI 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Self-Efficacy, Bimbingan Kelompok, Problem SolvingAbstract
Siswa merupakan salah satu unsur yang terlibat langsung dalam proses belajar di sekolah dan menjadi
subjek serta objek pencapaian tujuan belajar. Namun terkadang Siswa merasa tidak mampu
terhadap suatu mata pelajaran tanpa adanya usaha untuk memperbaiki diri. Penelitian ini berusaha
untuk mengidentifikasi upaya meningkatkan self efficacy melalui bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving pada siswa SMA Negeri 10 semarang. Penelitian menggunakan metode Penelitian
Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Populasi penelitian adalah kelas XI-1 yang berjumlah 34
orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa self efficacy meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Artinya,
layanan bimbingan kelompok secara signifikan dapat meningkatkan self efficacy pada siswa kelas X1-1
SMA Negeri 10 Semarang.
References
Al Ashari, S. R., Mulyono, M., & Mariani, S.
(2021). The Ability of Mathematical
Reasoning and Self Efficacy Students
in Learning Project Based Learning
Assisted Moodle. Unnes Journal of
Mathematics Education Research,
(2), 220–226.
Allen, Gibson, M. D. (2000).
“Organizations Behavior, Structure,
Process” (pp. 1–605).
http://dl.motamem.org/organization
s_behavior_structure.pdf
Arsanti, T. A. (2014). PENGARUH
PSYCHOLOGICAL SUCCESS
FREQUENCY TERHADAP SELF
EFFICACY : Field Experiment.
November, 556–563.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the
exercise of control 1st edition (pp. 1–
.
Deliviana, E. (2015). PENINGKATAN
SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK
MELALUI LAYANAN KONSELING
DALAM MENGHADAPI ERA
MASYARAKAT EKONOMI ASEAN.
Kartikarini, R. K., & Purwanti, M. (2022).
Gambaran social self-efficacy, self-
disclosure, dan status pertemanan
pada mahasiswa baru.
Persona:Jurnal Psikologi Indonesia.
Kvedere, L. (2014). Mathematics Self-
efficacy, Self-concept and Anxiety
Among 9 th Grade Students in Latvia.
Procedia - Social and Behavioral
Sciences, 116, 2687–2690.
https://doi.org/10.1016/j.sbspro.201
01.636
Lunenburg, F. C. (2011). Goal-Setting
Theory of Motivation. 15(1), 1–6.
Novrianto, R., Marettih, A. K. E., &
Wahyudi, H. (2019). Validitas
Konstruk Instrumen General Self
Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal
Psikologi, 15(1), 1.
https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.69
Roebianto, A. (2020). The Effects of
Student’s Attitudes and Self-Efficacy
on Science Achievement. Jurnal
Pengukuran Psikologi Dan
Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–
https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14
Saifuddin, A. (2012). Penyusunan Skala
Psikologi, Edisi 2. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995).
General self-efficacy scale
(GSE)[Database record]. APA
PsycTests. Washington, DC, USA.
Yuliana, E., Simalango, M., Jausal, A. N., &
Berawi, K. N. (2022). Hubungan
Efikasi Diri Terhadap Tingkat Stres
dan Ansietas pada Mahasiswa yang
Sedang Menyelesaikan Tugas Akhir
Program Studi Pendidikan Dokter
Universitas Lampung Correlation Of
Self-Efficiency To Stress And Anxiety
Level In Students Who Are
Completing Th. Jurnal, Mendula,
(April 2022), 191–197.