Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pemanfaatan Media Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Augmented Reality, Perencanaan KarirAbstract
Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
gambaran rencana masa depan melalui bimbingan kelompok dengan media Augmented Reality.
Fenomena yang ditemukan di SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan adanya permasalahan dalam
bidang karir terkait dengan rencana masa depan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang
dengan subjek penelitian terdiri dari 8 peserta didik kelas XI. PTBK ini terdiri dari 2 siklus dimana
masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode
pengumpulan data menggunakan skala berpikir positif. Analisi data yang digunakan yaitu analisis
deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus atau kondisi awal 8 siswa
menunjukan presentase 49% atau masih dalam kategori rendah, Siklus 1 setelah diberikan layanan
dalam kategori sedang dan menunjukan presentasi sebesar 81% dan pada siklus 2 masuk dalam kategori
tinggi dan menunjukan presentase 88%. Dengan adanya peningkatan mengenai gambaran cita-cita
masa depan siswa setelah tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok
dengan media augmented reality dapat digunakan untuk meningkatkan gambaran cita-cita masa
depan siswa kelas XI di SMA Negeri Semarang.
References
Aunur Rahim Faqih, Bimbingan Dan
Konseling Dalam Islam, 37, n.d.
Badriyah, Sholichatun, Dwi Yuwono
Puji Sugiharto, dan Edy Purwanto.
Efektivitas Konseling Kelompok
dengan Teknik Thought Stopping
untuk Mereduksi Kecemasan Sosial
Siswa. Jurnal Fokus Konseling 6, no.
(2020)
- iakses pada 19 Desember
https://ejournal.umpri.ac.id/index.
php/fokus/article/view/1111/5 99
.
Aida Alisic, Bettina S. Wiese. (2020).
Keeping an insecure career under
control: The longitudinal interplay of
career insecurity, self-management,
and self-efficacy. Journal of
Vocational Behavior
,
( 120).
https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.10
.
Bandura, A. (1997). Self- Efficacy. New
York: W.H Freeman & Company.
Diener E. Diener_1984.pdf. Vol. 95,
Psychological Bulletin. 1984. p. 542
–
Savickas. (2013). The theory and practice
of career construction. Career
Development and Counseling:
Putting Theory and Research to
Work, 147
–186.
Welde, Annelise & Bernes, Kerry & Gunn,
Thelma & Ross, Stanley. (2016).
Career Education at the Elementary
School Level: Student and Intern
Teacher Perspectives. Journal of
Career Development. 43.
1177/0894845316633524.
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN
PENDIDIKAN (Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
ALFABETA,cv.
Paa, H. K., & McWhirter, E. H. (2000).
Perceived influences on high school
students' current career expectations.
The Career Development Quarterly,
(1), 29
–44.
https://doi.org/10.1002/j.2161
2000.tb00749.x