Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pemanfaatan Media Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • M. Ridho Saputra Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Augmented Reality, Perencanaan Karir

Abstract

Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
gambaran rencana masa depan melalui bimbingan kelompok dengan media Augmented Reality.
Fenomena yang ditemukan di SMA Negeri 9 Semarang menunjukkan adanya permasalahan dalam
bidang karir terkait dengan rencana masa depan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang
dengan subjek penelitian terdiri dari 8 peserta didik kelas XI. PTBK ini terdiri dari 2 siklus dimana
masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode
pengumpulan data menggunakan skala berpikir positif. Analisi data yang digunakan yaitu analisis
deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus atau kondisi awal 8 siswa
menunjukan presentase 49% atau masih dalam kategori rendah, Siklus 1 setelah diberikan layanan
dalam kategori sedang dan menunjukan presentasi sebesar 81% dan pada siklus 2 masuk dalam kategori
tinggi dan menunjukan presentase 88%. Dengan adanya peningkatan mengenai gambaran cita-cita
masa depan siswa setelah tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok
dengan media augmented reality dapat digunakan untuk meningkatkan gambaran cita-cita masa
depan siswa kelas XI di SMA Negeri Semarang.

References

Aunur Rahim Faqih, Bimbingan Dan

Konseling Dalam Islam, 37, n.d.

Badriyah, Sholichatun, Dwi Yuwono

Puji Sugiharto, dan Edy Purwanto.

Efektivitas Konseling Kelompok

dengan Teknik Thought Stopping

untuk Mereduksi Kecemasan Sosial

Siswa. Jurnal Fokus Konseling 6, no.

(2020)

- iakses pada 19 Desember

https://ejournal.umpri.ac.id/index.

php/fokus/article/view/1111/5 99

.

Aida Alisic, Bettina S. Wiese. (2020).

Keeping an insecure career under

control: The longitudinal interplay of

career insecurity, self-management,

and self-efficacy. Journal of

Vocational Behavior

,

( 120).

https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.10

.

Bandura, A. (1997). Self- Efficacy. New

York: W.H Freeman & Company.

Diener E. Diener_1984.pdf. Vol. 95,

Psychological Bulletin. 1984. p. 542

Savickas. (2013). The theory and practice

of career construction. Career

Development and Counseling:

Putting Theory and Research to

Work, 147

–186.

Welde, Annelise & Bernes, Kerry & Gunn,

Thelma & Ross, Stanley. (2016).

Career Education at the Elementary

School Level: Student and Intern

Teacher Perspectives. Journal of

Career Development. 43.

1177/0894845316633524.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN

PENDIDIKAN (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

ALFABETA,cv.

Paa, H. K., & McWhirter, E. H. (2000).

Perceived influences on high school

students' current career expectations.

The Career Development Quarterly,

(1), 29

–44.

https://doi.org/10.1002/j.2161

2000.tb00749.x

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Saputra, M. R. (2023). Meningkatkan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok dengan Pemanfaatan Media Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1138–1143. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5236

Issue

Section

Prosiding 2023