Upaya Mengurangi Perilaku Cybersex pada Remaja Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI di SMA “X” Kota Semarang

Authors

  • Nadia Amalia Ardiyani Universits PGRI Semarang

Keywords:

Cybersex, Bimbingan Kelompok, Homeroom

Abstract

Berdasarkan pada hasil rapor pendidikan nilai terkait butir pernyataan pengalaman/pengetahuan kekerasan seksual siswa, angka prosentase SMA “X” ini mencapai 83,33 %. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pencegahan dan pengurangan perilaku cybersex melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik homeroom. Jenis penelitian ini adalah Peneltian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan angket. Subjek pada penelitian ini adalah kelas XI-2 SMA “X” Kota Semarang yang terdiri dari 35 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan peserta didik saat pra siklus  atau pre-test mendapatkan skor rata-rata 11,3 dengan persentase 38%, maka dengan itu rata- rata skor kondisi awal perilaku cybersex anggota kelompok masuk dalam kategori sedang. Kemudian pada siklus I perilaku cybersex peserta didik sebesar 9,8 dengan persentase 33%, dan pada siklus II perilaku cybersex peserta didik sebesar 5,7 dengan persentase 19%. Berdasarkan data yang dihasilkan menunjukan bahwa penelitian pada penerapan layanan bimbingan dengan teknik homeroom untuk meningkatkan perilaku cybersex peserta didik berhasil dan mengalami pengurangan dalam setiap pelaksanaan layanan, mulai dari  sebelum tindakan sampai setelah saat dilakukannya tindakan.

References

Hidayat, F., Zamroni, E., & Artikel, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room Untuk Meningkatkan Sikap Anti Seks Bebas. 1(2).

Hidayati, I., Mulawarman, & Awalya. (2017). Meningkatkan Regulasi Emosi Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(4), 27–34. journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Juditha, C. (2020). Perilaku Cybe rsex pada Generasi Milenial Cybersex Behavior in Millenial Generation. 5(1), 47–58. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050106

Maharani, C.A. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Self Control pada Siswa. The Use of Guidance on Discussion Technique Groups.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Zainal Aqib dan Ahmad Amrullah. 2019. Penelitian Tindakan Kelas, Penelitian Tindakan Sekolah, Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Andi

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ardiyani, N. A. (2023). Upaya Mengurangi Perilaku Cybersex pada Remaja Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI di SMA “X” Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1153–1158. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5239

Issue

Section

Prosiding 2023