Upaya Mereduksi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Metode Think Pair Share Bagi Peserta Didik
Keywords:
Prokrastinasi akademik, Bimbingan Klasikal,, Think Pair ShareAbstract
Prokrastinasi akademik adalah suatu kecenderungan perilaku yang menunda-nunda pengerjaan atau penyelesaian tugas akademik yang dilakukan secara terus menerus baik itu jangka pendek, penundaan beberapa saat sebelum jatuh tempo ataupun penundaan jangka panjang sampai melebihi jatuh tempo sehingga menganggu kinerja. Dari perilaku tersebut peserta didik akan terhambat dalam proses belajarnya, maka akan dilakukan tindakan mereduksi prokrastinasi akademik. Bimbingan klasikal dapat membantu peserta didik dengan cakupan lebih banyak pada peserta didik dengan metode Think Pair Share yaitu berdiskusi secara berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model layanan klasikal dengan metode think pair share dapat menjadi strategi guna memotivasi minat dan fokus peserta didik kelas X4 SMA Negeri 5 Semarang yang dibuktikan dengan menurunya indikator-indikator prokrastinasi akademik peserta didik selama proses layanan.
References
Abu, N. K., & Saral, D. G. (2016). The Reasons of Academic Procrastination Tendencies of Education Faculty Students. The Online Journal of New Horizons in Education, 6(1), 165-169.
Fernando, F. & Rahman, I. K. (2016). Konsep Bimbingan Dan Konseling Islam Solution Focused Brief Therapy (SFBT) Untuk Membantu Menyembuhkan Perilaku Prokrastinasi Mahasiswa. Jurnal Edukasi, Vol. 2(2), hlm. 215-236.
Mccloskey, j.d. (2011). Finally, My Thesis on Academic Procrastination. Thesis tidak diterbitkan. The University of Texas at Arlington.
Munawaroh, M. L., Alhadi, S., & Saputra, W. N. E. 2017. Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling: Yogyakarta. 2(1), 2017, http://journal2.um.ac.id/index.php/jkbk.
Rianingsih, A., Mawardi dan Wardani, K.W. 2019. Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dalam Rangka Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3. Jurnal Kajian Penelitan dan Pendidikan dan Pembelajaran 3, 2.
Syahrul. (2011). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Type TPS (Think-PairShare) Ditinjau Dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Sikap, dan Metode Matematika Siswa SMP. Tesis pada jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Tuckman, B.W. (1990). Measuring procrastination attitudinally and behaviorally. Paper presented at meeting of American Educational Research Association at April 1990. Boston.
Wibowo,dkk. (2015) Metode Ceramah. Welcome To My Blog. https://drive.google.com/folderview/id=0B6ZftmSvq2vtZFNLQVlxX21JR2 8&usp=sharing. 13 Mei 2017.
Winkel, W. S., & Hastuti, M. S. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi