MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 37 SEMARANG
Keywords:
Konseling Kelompok, Assertive training, Perilaku AsertifAbstract
Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
perilaku asertif melalui konseling kelompok dengan teknik assertive training. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 37 Semarang dengan subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas
VIII B. PTBK ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi
dan menggunakan skala perilaku asertif (The Rathus Assertive Schedule). Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dari hasil observasi dan The Rathus Assertive Schedule. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus atau kondisi awal 6 peserta didik memiliki perilaku
asertif pada kategori rendah. pada siklus I 3 peserta didik (50%) masih dalam kategori rendah, 1 peserta
didik (16%) dalam kategori sedang dan 2 peserta didik (33%) dalam kategori tinggi. Jika dibandingkan
dengan kategori perilaku asertif peserta didik pada siklus II 6 peserta didik mengalami peningkatan
perilaku asertif pada kategori tinggi. Dengan adanya peningkatan perilaku asertif peserta didik setelah
tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training
efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 37
Semarang.
References
Afif, R. Y., & Listiara, A. (2018).
Hubungan Antara Konsep Diri
Dengan Asertivitas Pada Remaja Di
Sma Islam Sultan Agung 1
Semarang (Vol. 7, Issue 2).
Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan
Asertivitas untuk Meningkatkan
Perilaku Asertif Siswa Korban
Bullying. Jurnal Konseling Dan
Pendidikan, 3(2), 8–14.
https://doi.org/10.29210/12500
Butar, M. B. (2018). Hubungan Perilaku
Asertif Dengan Kenakalan Remaja
Pada Siswa Smp Negeri 6 Kota
Tebing Tinggi. School Education
Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 525–
https://doi.org/10.24114/SEJPGSD.V
I4.8145
Hidayatullah, S. (2020). Upaya
Meningkatkan Asertivitas Melalui
Layanan Konseling Kelompok
Dengan Teknik Asertif Training
Pada Siswa Asuh Kelas X Dpib 2
Smk Negeri 1 Sampang. 7(2), 99–
Karyanti, K., Atmoko, A., & Hitipeuw, I.
(2015). The Effectiveness of Assertive
Skill Training to Improve Assertive
Behaviour of Bullying Victims
Students in Senior High School.
Jurnal Pendidikan Humaniora VO -
, 2.
Margareta, M. (2015). Perbedaan perilaku
asertif ditinjau dari tingkat
pendidikan, usia, dan jenis kelamin
pada siswa sma negeri 3 salatiga dan
mahasiswa fakultas psikologi uksw
salatiga. Skripsi Fakultas Psikologi
Universitas Kristen Satya Wacana
Salatiga.