MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 37 SEMARANG

Authors

  • Fatma Kurnia Sari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Konseling Kelompok, Assertive training, Perilaku Asertif

Abstract

Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
perilaku asertif melalui konseling kelompok dengan teknik assertive training. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 37 Semarang dengan subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas
VIII B. PTBK ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi
dan menggunakan skala perilaku asertif (The Rathus Assertive Schedule). Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dari hasil observasi dan The Rathus Assertive Schedule. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus atau kondisi awal 6 peserta didik memiliki perilaku
asertif pada kategori rendah. pada siklus I 3 peserta didik (50%) masih dalam kategori rendah, 1 peserta
didik (16%) dalam kategori sedang dan 2 peserta didik (33%) dalam kategori tinggi. Jika dibandingkan
dengan kategori perilaku asertif peserta didik pada siklus II 6 peserta didik mengalami peningkatan
perilaku asertif pada kategori tinggi. Dengan adanya peningkatan perilaku asertif peserta didik setelah
tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training
efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif peserta didik kelas VIII B di SMP Negeri 37
Semarang.

References

Afif, R. Y., & Listiara, A. (2018).

Hubungan Antara Konsep Diri

Dengan Asertivitas Pada Remaja Di

Sma Islam Sultan Agung 1

Semarang (Vol. 7, Issue 2).

Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan

Asertivitas untuk Meningkatkan

Perilaku Asertif Siswa Korban

Bullying. Jurnal Konseling Dan

Pendidikan, 3(2), 8–14.

https://doi.org/10.29210/12500

Butar, M. B. (2018). Hubungan Perilaku

Asertif Dengan Kenakalan Remaja

Pada Siswa Smp Negeri 6 Kota

Tebing Tinggi. School Education

Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 525–

https://doi.org/10.24114/SEJPGSD.V

I4.8145

Hidayatullah, S. (2020). Upaya

Meningkatkan Asertivitas Melalui

Layanan Konseling Kelompok

Dengan Teknik Asertif Training

Pada Siswa Asuh Kelas X Dpib 2

Smk Negeri 1 Sampang. 7(2), 99–

Karyanti, K., Atmoko, A., & Hitipeuw, I.

(2015). The Effectiveness of Assertive

Skill Training to Improve Assertive

Behaviour of Bullying Victims

Students in Senior High School.

Jurnal Pendidikan Humaniora VO -

, 2.

Margareta, M. (2015). Perbedaan perilaku

asertif ditinjau dari tingkat

pendidikan, usia, dan jenis kelamin

pada siswa sma negeri 3 salatiga dan

mahasiswa fakultas psikologi uksw

salatiga. Skripsi Fakultas Psikologi

Universitas Kristen Satya Wacana

Salatiga.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Sari, F. K. (2023). MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 37 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1084–1090. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5227

Issue

Section

Prosiding 2023