Upaya Meningkatkan Konformitas Positif melalui Layanan Konseling Kelompok dengan teknik Solution-Focused Brief Counseling (SFBC)

Authors

  • Riana Ayu Oktaviani Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Konformitas, Konseling Kelompok

Abstract

Berdasarkan Angket Kebutuhan Peserta Didik dan kemudian dilanjutkan observasi serta wawancara menunjukan bahwa siswa kelas XI PM 3 memiliki konformitas negatif yang tinggi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Konformitas siswa menggunakan layanan konseling kelompok dengan Solution-Focused Brief Counseling (SFBC)pada siswa kelas XI PM 3 di SMK Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling, dengan subjek penelitian siswa kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Semarang, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan skala konformitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan konformitas positif siswa setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik Solution-Focused Brief Counseling (SFBC), persentase peningkatan yaitu dari tingkat konformitas ketika pra tindakan menjadi 43% pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86%. Dengan demikian, terdapat peningkatan konformitas positif siswa kelas XI PM 3 SMK Negeri 2 Semarang antar siklus pra tindakan, siklus I dan siklus II.

References

Ahmad, H. 2011. SFBC (Solution-Focus Brief Counseling). (On Line) http://hariadimemed.blogspot.com/2011/06/sfbc.html. ( 12 September 2023)

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi).

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baron, Robert A. & Byrne, Donn. (2005). Psikologi sosial. Edisi Kesepuluh (Jilid

. Jakarta: Erlangga

Chaplin, J.P. (2011). Kamus lengkap psikologi. (Terjemahan Kartini Kartono).

Jakarta: Grafindo Persada.

Corey, Gerald. 2013. Theory adn Practice Counseling and Psychotherapy (9th edition). Belmont, CA: Brooks/Cole

Desmita. (2010). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghufron, M.N., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzzMedia

Mulawarman. 2014. Brief Counseling in Schools: a Solution-Focused Brief Counseling

(SFBC) Approach for School Counselor in Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(21) : 68- 72.

Poerwati, E, & Widodo, N. (2002). Perkembangan peserta didik. E-Jurnal Psikologi. Vol.2.

No.2.103-110. Universitas Muhammadiyah Malang.

Riduwan, Dr. M.B.A. (2013). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Santrock. John. W. (2007). Remaja. Edisi 11 Jilid 2. (Alih Bahasa: Benedictine

Widyasinta). Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Oktaviani, R. A. . (2023). Upaya Meningkatkan Konformitas Positif melalui Layanan Konseling Kelompok dengan teknik Solution-Focused Brief Counseling (SFBC). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1194–1201. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5249

Issue

Section

Prosiding 2023