283. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK

Authors

  • Hendrik Sutrisno
  • Muhtarom
  • Sri Subandijah

Keywords:

Matematika, Pembelajaran berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas dengan sampel penelitian kelas XI TE 1 SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis adalah data kuantitatif, data ini disajikan dalam bentuk angka, Sedangkan data kualitatif berasal dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Tindakan kelas akan dianggap berhasil apabila minimal 75% siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di sekolah yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berhasil mencapai nilai KKM pada tes kemampuan pemecahan masalah matematis melebihi 75% dari keseluruhan siswa di kelas serta rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Sutrisno, H. ., Muhtarom, & Subandijah, S. . (2023). 283. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2517–2527. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3962

Issue

Section

Prosiding 2023