IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Keaktifan, Discovery learningAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan selama ini masih konvensional dan belum menggunakan model pembelajaran yang baru. Tujuan penalitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas. Peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery learning yang diterapkan bersama pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian tidakan kelas kolaboratif yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan 3 tahap kegiatan : 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, dan 3) refleksi/evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI 8 di SMAN 8 Semarang yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, pengisian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa pada siklus I berdasarkan data observasi yaitu 67% dan meningkat pada siklus II sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensia dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
References
Apriyantini, N. P. D., & Sukendra, I. K. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 24/1(55–63).
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program (KESATU). Pustaka Pelajar.
Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 137. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Handayani, I. M., Zuhri, M. S., Harun, L., & Komariyatun, K. (2023). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. E-DuMath, 9(2), 101–108.
Handita, Y., Prasetyo, P. W., & Sugiyem. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Saat Pandemi. Jurnal Derivat, 9/1.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Hosnan, M. (2014). Penedekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Khasanah, S. (2020). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam. Siti Khasinah, 402–410.
Luthfi, M. R. A., Huda, C., & Susanto, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V Tema 8 di SD Negeri 1 Selo Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurnal Paedagogy, 8(3), 422. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3902
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/991
Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725
Rahayu, I. P., & Hardini, A. T. . (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keefektifan dan Hasil Belajar Tematik. JEAR, 3, 193–200.
Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Peserta Didik Secara Optimal. Ombak (Anggota Ikapi).
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada.
Setiyoaji, W. T., Sodakain, M. C., Purwaningsih, R. M., & Parni. (2021). Hubungan Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Pembelajaran Online Pada Mahasiswa. JPFT, 7/2.
Sihaloho, I. M., Studi, P., Matematika, P., Mulawarman, U., Belajar, M., & Matematika, H. B. (2021). PENGARUH KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 1, 33–42.
Surati, S. (2020). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Examples Non Examples melalui Media LMS Edufikri Kelas XII IPS 3 SMA IT Ihsanul Fikri. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 146. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45718
Sutrisno, L. T. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai salah satu pemecahan masalah masih kurangnya keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 111–121. https://doi.org/10.22460/collase.v1i1.16192
Tomlinson, C. . (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digest. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Chilhood Education.
Zuhri, M. S., Syahidah, F. N., & Belakang, L. (2014). Efketivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Discovery Berbasis Scientific Learning Berbantuan Buku Siswa Kurikulum 2013 Materi Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Pada Siswa Kelas X. Prosiding Mathematics and Sciences Forum, 611–616.