Peningkatan Motivasi Belajar Materi Fungsi Melalui Model Pembelajaran STAD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas XI SMA

Authors

  • Maydilla Fadiarahma Vistara Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, PTK, Problem-Based Learning, STEM

Abstract

Matematika adalah suatu ilmu yang dapat mengembangkan dan mempelajari bagaimana cara berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri di Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model Problem-Based Learning dengan pendekatan STEM. Problem-Based Learning dan STEM merupakan model dan pendekatan yang dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan ide kreatifnya. PTK dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Setelah diberikan tindakan dengan model Problem-Based Learning dengan pendekatan STEM siklus I menunjukan nilai rata-rata yang diperoleh 69,5%. Dari 36 siswa, terdapat 25 siswa yang tuntas KKM dan 11 siswa yang tidak tuntas KKM. Pada siklus 2 rata-rata nilai yang diperoleh 77,8%. Dari 36 siswa, terdapat 28 siswa yang tuntas KKM dan 8 siswa yang tidak tuntas KKM. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan uji N-Gain meningkat sebesar 0,51 dengan kategori sedang yang diperoleh dari hasil nilai siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

References

Azis, Z., Panggabean, S., Sumardi, H., Matematika, P. P., Muhammadiyah, U., Utara, S., Matematika, P. P., Bengkulu, U., Education, R. M., Matematika, H. B., & Pendahuluan, I. (2021). Efektivitas Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri 1 Pahae Jae. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6751

Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(2), 59–64. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i2.6611

Debeş, G. (2018). Effects of STEM education seminars on teachers in the schools of North Cyprus. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12). https://doi.org/10.29333/ejmste/91090

Dechambeau, A. L., & Ramlo, S. E. (2017). Stem high school teachers’ views of implementing PBL: An investigation using anecdote circles. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1566

Fajrina, S., Lufri, L., & Ahda, Y. (2020). Science, technology, engineering, and mathematics (STEM) as a learning approach to improve 21st century skills: A review. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 16(7), 95–104. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i07.14101

Juškevičienė, A., Dagienė, V., & Dolgopolovas, V. (2021). Integrated activities in STEM environment: Methodology and implementation practice. Computer Applications in Engineering Education, 29(1), 209–228. https://doi.org/10.1002/cae.22324

Jusuf, R., Sopandi, W., Wulan, A. R., & Sa’ud, U. S. (2019). Strengthening teacher competency through ICARE approach to improve literacy assessment of science creative thinking. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 70–83. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.7.5

Kaspersen, E., Pepin, B., & Sikko, S. A. (2017). Measuring STEM students’ mathematical identities. Educational Studies in Mathematics, 95(2), 163–179. https://doi.org/10.1007/s10649-016-9742-3

Kim, N. J., Belland, B. R., & Walker, A. E. (2018). Effectiveness of Computer-Based Scaffolding in the Context of Problem-Based Learning for Stem Education: Bayesian Meta-analysis. Educational Psychology Review, 30(2), 397–429. https://doi.org/10.1007/s10648-017-9419-1

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Maulidia, F., Johar, R., & Andariah, A. (2019). a Case Study of Students’ Creativity in Solving Mathematical Problems Through Problem Based Learning. Infinity Journal, 8(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v8i1.p1-10

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Mustofa, R. F., Corebima, A. D., Suarsini, E., & Saptasari, M. (2019). The Problem-Based Learning Model and Students’ Generic Skills of the Faculty of Teachers Training and Education the Universitas Siliwangi Tasikmalaya on the Animal Structure Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 53. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i1.1466

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 5–13. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27870

Shukshina, L. V, Gegel, L. A., Erofeeva, M. A., Levina, I. D., Chugaeva, U. Y., & Nikitin, O. D. (2021). STEM and STEAM Education in Russian Education : Conceptual Framework. 17(10).

Soeviatulfitri, & Kashardi. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning ( PBL ) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(03), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11502

Surya. (2018). Implementation of the Stem Learning To Improve the Creative Thinking Skills of High School Student in the Newton Law of Gravity Material. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 106–116. http:ejournal.stkipsantupaulus.ac.id/index.php/jkse

Vistara, M. F. (2023). Efektivitas model problem-based learning dengan pendekatan stem terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa 1,2,3. 7(2), 219–227.

Vistara, M., Rochmad, R., & Wijayanti, K. (2022). Pertumbuhan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dengan Model Problem-Based Learning melalui STEM. 6(3), 493–508.

Zuhri, M. S., Jatmiko, B., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Menggunakan PhET Simulation Untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI Pada Materi Fluida Statis Di SMAN Kesamben Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(03), 103–107. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/11080

Zuhri, M. S., & Purwosetiyono, F. D. (2019). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3548

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Vistara, M. F. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Materi Fungsi Melalui Model Pembelajaran STAD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1548–1562. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5291

Issue

Section

Prosiding 2023