166. Peningkatan Respon Siswa dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Reproduksi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping
Keywords:
Respon Siswa, Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan respon siswa dan pemahaman konsep materi sistem reproduksi melalui model problem based learning berbantuan mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus yang pertama dan kedua dilakukan dengan 1 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, pembagian angket dan dokumentasi proses pembelajaran. Terdapat dua jenis data pada penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II, yaitu data kuantitatif diperoleh dari nilai persentase pemahaman konsep dan data kualitatif diperoleh melalui angket respon. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan respon siswa sebesar 27%, terhitung dari siklus I (60%) dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II (87%) dengan kategori sangat baik. Kemudian peningkatan pemahaman konsep sebesar 32%, terhitung dari siklus I (58%) dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II (90%) dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan respon siswa dan pemahaman konsep materi sistem reproduksi dinilai efektif dan mencapai indikator keberhasilan.