166. Peningkatan Respon Siswa dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Reproduksi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Authors

  • Juwitasari Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Siti Mukaromah SMA Negeri 2 Semarang

Keywords:

Respon Siswa, Pemahaman Konsep, Model Problem Based Learning, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan respon siswa dan pemahaman konsep materi sistem reproduksi melalui model problem based learning berbantuan mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Siklus yang pertama dan kedua dilakukan dengan 1 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, pembagian angket dan dokumentasi proses pembelajaran. Terdapat dua jenis data pada penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II, yaitu data kuantitatif  diperoleh dari nilai persentase pemahaman konsep dan data kualitatif diperoleh melalui angket respon. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan respon siswa sebesar 27%, terhitung dari siklus I (60%) dengan kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II (87%) dengan kategori sangat baik. Kemudian peningkatan pemahaman konsep sebesar 32%, terhitung dari siklus I (58%) dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II (90%) dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan respon siswa dan pemahaman konsep materi sistem reproduksi dinilai efektif dan mencapai indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Juwitasari, Rachmawati, R. C., & Mukaromah, S. (2023). 166. Peningkatan Respon Siswa dan Pemahaman Konsep Materi Sistem Reproduksi melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1504–1516. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4139

Issue

Section

Prosiding 2023