Understanding By Design Berbasis Pbl Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial
Keywords:
understanding by design, PBL, berdiferensiasi, pemahaman konsepAbstract
Pemahaman konsep matematis siswa yang rendah merupakan hal yang perlu diperhatikan dan
ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas kolaboratif yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa terutama pada mata Pelajaran matematika bab
suku banyak. Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan menerapkan teori pengembangan kurikulum
understanding by design. Understanding by design diimplementasikan pada kurikulum mata pelajaran
matematika yang disusun oleh guru dengan melakukan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam
model problem based learning. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI-4 di SMA N 10 Semarang
sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik tes (evaluasi)
dan non tes (observasi, dokumentasi, wawancara dan pengamatan lapangan). Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah statistika deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yakni
prasiklus, siklus 1, siklus 2, dimana setiap siklus terdapat empat tahapan. Tahapan tersebut yakni
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus 1, siswa telah mengalami kenaikan hasil
belajar 8,4 % dan pada siklus 2, siswa telah mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 8,2 %. Penelitian
ini berhenti pada siklus kedua karena pada siklus tersebut hasil belajar telah mencapai ketuntasan
klasikal. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka model pembelajaran problem based learning melalui
pendekatan berdiferensiasi dalam kerangka understanding by design dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa pada materi polinomial.
References
Aprima Desy, & sari sasmita. (n.d.). Analisis
Penerapan Pembelajaran
Berdiferensiasi Dalam Implementasi
Kurikulum Merdeka Pada
Pelajaran Matematika SD.
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Davila A. (2017). Book Review: Wiggins, G.,
& McTighe, J (2005) Understanding by
design (2nd ed.) , VA: Association for
Supervision and Curriculum
Development ASCD (119th ed., Vol. 1).
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI
KEBUTUHAN MURID DAN HASIL
BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu
Pendidikan, 35(2), 175–182.
https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Kurnia, I. R., Ariyanto, L., & Sutrisno, S.
(2019). Pengaruh Model Pembelajaran
CTL Ditinjau dari Motivasi Siswa
terhadap Kemampuan Pemahaman
Konsep Matematis Kelas VII. Media
Penelitian Pendidikan : Jurnal
Penelitian Dalam Bidang Pendidikan
Dan Pengajaran, 13(1), 29.
https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.50
Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., &
Ferdiansyah, F. (2021). ANALISIS
KEMAMPUAN PEMAHAMAN
MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI
PADA MATERI VEKTOR SELAMA
PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori
Dan Riset Matematika, 6(1), 12.
https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.
Ra’is, Z., Putra, A., Pratama, C. E., Shandy,
M., Pramudito, P., Fauziyah, N., Profesi,
P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Gresik,
U. M., & Guru, P. P. (2023). Volume 4,
Nomor 1, Februari 2023
Pengembangan Modul Ajar
Matematika Berdiferensiasi Berbasis
Understanding by Design (UbD).
Rini Wedyastuti. (2022). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial
menggunakan Media Interaktif Live
Worksheet.
Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8
i2.427, 8(2).
Rosa, A. N., Rabiah, S., & Mazhud, N. (2922).
Pengembangan Motivasi dan Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Examples
Non Examples. PHONOLOGIE, 2(2).
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021).
Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis ditinjau dari Self-
Confidence Siswa pada Materi Aljabar
dengan Menggunakan Pembelajaran
Daring.
Sekar, R., & Teresia, Ananda. (2022, April
. 50% Siswa Belum Capai Nilai
Minimum Literasi.
https://Kumparan.Com/Kumparanne
ws/Nadiem-50-Siswa-BelumCapai-
Nilai-Minimum-Literasi-
XRU3CZDDCL/Full. [ Diakses 10 Juli
Taiyabi, F. (2021). Understanding by Design
" Curriculum Innovation
Instructional Development " (UbD)
(4th ed.).
Wagiarti, O. : (2015). IMPLEMENTASI
PEMBELAJARAN TWO STAY TWO
STRAY UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR
AKUNTANSI THE
IMPLEMENTATION OF TSTS TO
IMPROVE LEARNING ACTIVITIES
AND ACHIEVEMENT ACCOUNTING.
In Jurnal Pendidikan Akuntansi
Indonesia: Vol. XIII (Issue 2).