Understanding By Design Berbasis Pbl Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial

Authors

  • Widi Fatmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

understanding by design, PBL, berdiferensiasi, pemahaman konsep

Abstract

Pemahaman konsep matematis siswa yang rendah merupakan hal yang perlu diperhatikan dan
ditingkatkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas kolaboratif yang bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa terutama pada mata Pelajaran matematika bab
suku banyak. Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan menerapkan teori pengembangan kurikulum
understanding by design. Understanding by design diimplementasikan pada kurikulum mata pelajaran
matematika yang disusun oleh guru dengan melakukan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam
model problem based learning. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI-4 di SMA N 10 Semarang
sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik tes (evaluasi)
dan non tes (observasi, dokumentasi, wawancara dan pengamatan lapangan). Teknik analisis data yang
digunakan pada penelitian ini adalah statistika deskriptif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus yakni
prasiklus, siklus 1, siklus 2, dimana setiap siklus terdapat empat tahapan. Tahapan tersebut yakni
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus 1, siswa telah mengalami kenaikan hasil
belajar 8,4 % dan pada siklus 2, siswa telah mengalami kenaikan hasil belajar sebesar 8,2 %. Penelitian
ini berhenti pada siklus kedua karena pada siklus tersebut hasil belajar telah mencapai ketuntasan
klasikal. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka model pembelajaran problem based learning melalui
pendekatan berdiferensiasi dalam kerangka understanding by design dapat meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa pada materi polinomial.

References

Aprima Desy, & sari sasmita. (n.d.). Analisis

Penerapan Pembelajaran

Berdiferensiasi Dalam Implementasi

Kurikulum Merdeka Pada

Pelajaran Matematika SD.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Davila A. (2017). Book Review: Wiggins, G.,

& McTighe, J (2005) Understanding by

design (2nd ed.) , VA: Association for

Supervision and Curriculum

Development ASCD (119th ed., Vol. 1).

Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI

KEBUTUHAN MURID DAN HASIL

BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN

BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu

Pendidikan, 35(2), 175–182.

https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Kurnia, I. R., Ariyanto, L., & Sutrisno, S.

(2019). Pengaruh Model Pembelajaran

CTL Ditinjau dari Motivasi Siswa

terhadap Kemampuan Pemahaman

Konsep Matematis Kelas VII. Media

Penelitian Pendidikan : Jurnal

Penelitian Dalam Bidang Pendidikan

Dan Pengajaran, 13(1), 29.

https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.50

Praja, E. S., Setiyani, S., Kurniasih, L., &

Ferdiansyah, F. (2021). ANALISIS

KEMAMPUAN PEMAHAMAN

MATEMATIS SISWA SMK KELAS XI

PADA MATERI VEKTOR SELAMA

PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori

Dan Riset Matematika, 6(1), 12.

https://doi.org/10.25157/teorema.v6i1.

Ra’is, Z., Putra, A., Pratama, C. E., Shandy,

M., Pramudito, P., Fauziyah, N., Profesi,

P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Gresik,

U. M., & Guru, P. P. (2023). Volume 4,

Nomor 1, Februari 2023

Pengembangan Modul Ajar

Matematika Berdiferensiasi Berbasis

Understanding by Design (UbD).

Rini Wedyastuti. (2022). Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial

menggunakan Media Interaktif Live

Worksheet.

Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V8

i2.427, 8(2).

Rosa, A. N., Rabiah, S., & Mazhud, N. (2922).

Pengembangan Motivasi dan Hasil

Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia Melalui Penerapan

Model Pembelajaran Examples

Non Examples. PHONOLOGIE, 2(2).

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021).

Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematis ditinjau dari Self-

Confidence Siswa pada Materi Aljabar

dengan Menggunakan Pembelajaran

Daring.

Sekar, R., & Teresia, Ananda. (2022, April

. 50% Siswa Belum Capai Nilai

Minimum Literasi.

https://Kumparan.Com/Kumparanne

ws/Nadiem-50-Siswa-BelumCapai-

Nilai-Minimum-Literasi-

XRU3CZDDCL/Full. [ Diakses 10 Juli

Taiyabi, F. (2021). Understanding by Design

" Curriculum Innovation

Instructional Development " (UbD)

(4th ed.).

Wagiarti, O. : (2015). IMPLEMENTASI

PEMBELAJARAN TWO STAY TWO

STRAY UNTUK MENINGKATKAN

AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR

AKUNTANSI THE

IMPLEMENTATION OF TSTS TO

IMPROVE LEARNING ACTIVITIES

AND ACHIEVEMENT ACCOUNTING.

In Jurnal Pendidikan Akuntansi

Indonesia: Vol. XIII (Issue 2).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fatmawati, W. (2023). Understanding By Design Berbasis Pbl Berdiferensiasi Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Polinomial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1599–1608. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5296

Issue

Section

Prosiding 2023