Peran Media Pembelajaran “Kartu Pecahan” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Kalicari 01 Semarang

Authors

  • Diyah Kusumowardani

Keywords:

Kartu Pecahan, Hasil Belajar, MatematikaMatematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Kalicari 01 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024 pada materi membandingkan pecahan melalui media pembelajaran kartu pecahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kalicari 01 Semarang yang berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan setelah menggunakan media kartu pecahan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media pembelajaran kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN Kalicari 01 Semarang. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas  dari Pra-Siklus, siklus I dan siklus II, yaitu 71,9, 76,04, dan 79,7. Selain itu presentase ketuntasan belajar dari tes awal, siklus I dan siklus II juga meningkatkan yaitu sebesar 25%, 67,8%, dan 82,2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan kelas V SDN Kalicari 01 Semarang.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2007), 102.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Herawati, D. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS III SD. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 8(3), 262-269.

Heruman. (2016). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jayanti, N., & Setyawan, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1-8.

Mahanani, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Media Kartu Pecahan di Kelas III SD Negeri 2 Wates. BASIC EDUCATION, 7(31), 3-108.

Margaret E. Bell Gredler, Learning and Instruction Theory into Practice. Terjemahan Munandir (Jakarta: Rajawali, 1991), 187.

Pajarwati, A., Pranata, O. H., & Ganda, N. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 90-100.

Suciati, I. (2020). Penggunaan Metode “Perang Mental Matematika” dengan Menggunakan Media Kartu Pecahan Pada Materi Penjumlahan Bilangan Pecahan. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 35-42.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011), 7.

UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Kusumowardani, D. (2023). Peran Media Pembelajaran “Kartu Pecahan” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Kalicari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1982–1990. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5340

Issue

Section

Prosiding 2023