31. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Berbantuan Media Papahan Siswa Kelas Ii SD Negeri Tambirejo
Keywords:
Meningkatkan, media Papahan, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media papahan (papan pecahan). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Negeri Tambirejo terdapat permasalahan yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran masih terbatas yaitu hanya menggunakan buku tema dan LKS. Metode yang digunakan yaitu penelitian Tindakan kelas (PTK) yang memiliki 4 tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tempat penelitian di SD Negeri Tambirejo, dengan subjek penelitian siswa kelas II sebanyak 20 siswa yaitu 10 perempuan dan 10 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunkaan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Melalui kegiatan wawancara peneliti akan memperoleh informasi mengenai karakter dan gaya belajar siswa dikelas tersebut, sehingga peneliti akan memperoleh data awal untuk melakukan kegiatan siklus awal. Melalui kegiatan observasi yang dibarengi dengan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran matematika pada materi pecahan, peneliti akan memperoleh data berupa kondisi kelas dan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan media Papahan (papan pecahan). Hal ini dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan siswa pada setiap siklusnya. KKM yang digunakan sebagai patokan tuntas tidak tuntasnya hasil belajar matematika siswa yaitu sebesar 75. Pada siklus I siswa mendapat rata-rata 74,00 (berkategori cukup) dan siklus II mendapatkan rata-rata 87,00 (berkategori baik).