74. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Model Problem Based Learning Melalui Metode Bermain Peran Kelas IVB SDN Bango 1
Keywords:
Hasil Belajar, Probel Based Learning, Bermain PeranAbstract
Penenlitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Model Problem Based Learning Melalui Metode Bermain Peran Kelas IVB SDN Bango 1. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan siklus I dan siklus II yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar peserta didik, peneliti melakukan observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SDN Bango 1pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 peserta didik terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS dengan model problem based learning melalui metode bermain peran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus 53% siklus I menjadi 68% terjadi peningkatan 15% dengan nilai rata-rata 70 menjadi 77. Pada siklus II mengalami peningkatan 21% dari 68% menjadi 89% dengan nilai rata-rata 86. Hasil dari pembelajaran siklus II menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu 80% peserta didik mendapatkan nilai ≥ 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi barter di kelas IVB SD Negeri Bango 1 mengalami peningkatan.