74. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Model Problem Based Learning Melalui Metode Bermain Peran Kelas IVB SDN Bango 1

Authors

  • Nurul Khikmah Universitas PGRI Semarang
  • Natalis Prihatiningsih SDN Bango 1
  • Debor Sindi Pratiwi SDN Bango 1
  • Rina Dwi Setyawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Probel Based Learning, Bermain Peran

Abstract

Penenlitian  ini  bertujuan  untuk  mendiskripsikan  Peningkatan  Hasil  Belajar  IPAS  Dengan Model  Problem  Based  Learning  Melalui  Metode  Bermain  Peran  Kelas  IVB  SDN  Bango  1.  Jenis penelitian  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Pelaksanaan  tindakan  ini  dilakukan  dalam  2 siklus  diawali  dengan  kegiatan  siklus  I  dan  siklus  II  yang    terdiri  dari  4  tahapan  yang  meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil  belajar  peserta  didik,  peneliti  melakukan     observasi  dan  tes  evaluasi  akhir  pada  setiap siklusnya.  Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  peserta  didik  kelas  IVB    SDN  Bango  1pada  tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 19 peserta didik terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  hasil  belajar  IPAS  dengan  model  problem  based learning   melalui  metode  bermain  peran.  Peningkatan  hasil  belajar  dapat  dilihat  dari  presentase ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus 53%  siklus I menjadi 68% terjadi peningkatan 15% dengan nilai rata-rata 70 menjadi 77. Pada siklus II mengalami peningkatan 21% dari 68% menjadi 89% dengan nilai rata-rata 86. Hasil dari pembelajaran siklus II  menunjukkan bahwa peserta didik  telah mencapai kriteria keberhasilan yaitu  80%   peserta didik   mendapatkan nilai ≥ 70. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi barter  di kelas IVB SD Negeri Bango 1 mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khikmah, N., Prihatiningsih, N., Pratiwi, D. S., & Setyawati, R. D. (2023). 74. Peningkatan Hasil Belajar IPAS Dengan Model Problem Based Learning Melalui Metode Bermain Peran Kelas IVB SDN Bango 1. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 668–676. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4013

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)