249. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas II SD

Authors

  • Ulya Zainus Syifa
  • Joko Sulianto
  • Sri Watimah

Keywords:

Keaktifan, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan apakah dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Sitirejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode Data penelitian ini dilakukan dengan jenis pengujiannya adalah tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan melalui analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase keaktifan siswa pada siklus I dengan kriteria aktif sebesar 25 % dengan jumlah 7 siswa, namun belum ada satupun siswa yang mampu mencapai kriteria sangat aktif. Pada siklus II telah mengalami peningkatan menjadi 69% pada kriteria aktif atau sebanyak 18 siswa dan pada kriteria sangat aktif menjadi 19% atau sebanyak 6 siswa. Kemudian pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 12% atau 4 siswa pada kriteria aktif, dan 88% atau sebanyak 24 siswa dalam kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa dikatakan tuntas yaitu mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Penelitian ini telah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I 31% atau sebanyak 9 siswa yang memperoleh nilai lebih dari KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 69% atau sebanyak 19 siswa. Pada siklus III mencapai 94% atau sebanyak 26 siswa. Maka dapat di hitung peningkatan pada penelitian keaktifan dari siklus I ke siklus III sebesar 14%, peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II sebesar 36%. Maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model PBL mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SDN Sitirejo.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Syifa, U. Z. ., Sulianto, J. ., & Watimah, S. . (2023). 249. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Melalui Pendekatan Problem Based Learning Siswa Kelas II SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2210–2218. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4316

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)