Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Canva di Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02
Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar, kognitifAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based
Learning (PBL) kelas V SDN Karanganyar Gunung 02. Metode yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas V dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini
dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya
tahap perencanaa, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami
peningkatan yaitu pada Pra siklus diperoleh rata-rata 75 dengan ketuntasan 64 %, siklus1 rata-rata
85 dengan ketuntasan 89%, dan siklus 2 rata-rata 89 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan
penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V
mengalami peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
References
Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai
karakter
dalhttp://www.ejournal.radenintan.
ac.id/index.php/terampil/article/vie
w/1291
Mungzilina, A. K., Kristin, F., &
Anugraheni, I. (2018). Penerapan
Model Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan
Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar
Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC :
Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan
Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.
https://doi.org/10.35568/naturalisti
c.v2i2.209
Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., &
Bentri, A. (2019). Pengaruh
Penggunaan Model Problem Based
Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil
Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i4.244
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T.
(2020). Media Pembelajaran Audio
Visual Berbasis Aplikasi Canva.
Jurnal Pendidikan Ekonomi
Undiksha, 12(2), 317–327.
Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2020).
Kemampuan Pemecahan Masalah
Mahasiswa Pada Materi Alat Optik
Melalui Problem Based Learning.
Seminar Nasional Hasil Penelitian,
–345.
Sukaptiyah, S. (2015). PENINGKATAN
HASIL BELAJAR PKn MELALUI
MODEL. Scholaria, 5(1), 114–121.
Supriatna, E. (2020). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa. Journal of
Classroom Action Research, 2(1), 15–
https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.3
Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E.
N. S. (2021). Pengaruh Model Brain
Based Learning Terhadap Hasil
Belajar Siswa. JEDMA Jurnal
Edukasi Matematika, 1(2), 1–7.
https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2
.155
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah.
(2022). Efektivitas Penggunaan
Aplikasi CANVA sebagai Media
Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal
Riset Madrasah Ibtidaiyah
(JURMIA), 2(1), 102–118.
https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i
245
Wijayanti, R. (2016). PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING
IMPROVEMENT OF CIVIC
EDUCATION LEARNING
ACHIEVEMENT USING PROBLEM
BASED LEARNING (PBL). Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1,
–3235.