Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Canva di Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02

Authors

  • Armanda Rizki Firmansyah , Veryliana Purnamasari, Siti Khuluqul Khasanah

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar, kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based
Learning (PBL) kelas V SDN Karanganyar Gunung 02. Metode yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas V dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini
dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya
tahap perencanaa, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami
peningkatan yaitu pada Pra siklus diperoleh rata-rata 75 dengan ketuntasan 64 %, siklus1 rata-rata
85 dengan ketuntasan 89%, dan siklus 2 rata-rata 89 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan
penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V
mengalami peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai

karakter

dalhttp://www.ejournal.radenintan.

ac.id/index.php/terampil/article/vie

w/1291

Mungzilina, A. K., Kristin, F., &

Anugraheni, I. (2018). Penerapan

Model Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan

Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar

Siswa Kelas 2 Sd. NATURALISTIC :

Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan

Dan Pembelajaran, 2(2), 184–195.

https://doi.org/10.35568/naturalisti

c.v2i2.209

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., &

Bentri, A. (2019). Pengaruh

Penggunaan Model Problem Based

Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil

Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.

Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.244

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T.

(2020). Media Pembelajaran Audio

Visual Berbasis Aplikasi Canva.

Jurnal Pendidikan Ekonomi

Undiksha, 12(2), 317–327.

Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2020).

Kemampuan Pemecahan Masalah

Mahasiswa Pada Materi Alat Optik

Melalui Problem Based Learning.

Seminar Nasional Hasil Penelitian,

–345.

Sukaptiyah, S. (2015). PENINGKATAN

HASIL BELAJAR PKn MELALUI

MODEL. Scholaria, 5(1), 114–121.

Supriatna, E. (2020). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Siswa. Journal of

Classroom Action Research, 2(1), 15–

https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.3

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E.

N. S. (2021). Pengaruh Model Brain

Based Learning Terhadap Hasil

Belajar Siswa. JEDMA Jurnal

Edukasi Matematika, 1(2), 1–7.

https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2

.155

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah.

(2022). Efektivitas Penggunaan

Aplikasi CANVA sebagai Media

Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal

Riset Madrasah Ibtidaiyah

(JURMIA), 2(1), 102–118.

https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i

245

Wijayanti, R. (2016). PENINGKATAN

PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI

PENERAPAN MODEL

PEMBELAJARAN PROBLEM

BASED LEARNING

IMPROVEMENT OF CIVIC

EDUCATION LEARNING

ACHIEVEMENT USING PROBLEM

BASED LEARNING (PBL). Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1,

–3235.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Rizki Firmansyah, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Bahasa Indonesia melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Canva di Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2197–2203. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5368

Issue

Section

Prosiding 2023