Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Melihat Karena Cahaya Mendengar Karena Bunyi

Authors

  • Reski Wening Asmarani Universits PGRI Semarang
  • Fine Reffiane Universits PGRI Semarang
  • Luthfi Winarni Alexsandri Universits PGRI Semarang

Keywords:

PBL, IPAS, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS bagi siswa SDN Peterongan Semarang kelas V C semester ganjil tahun ajaran 2023 / 2024 melalui Problem Based Learning (PBL) berbantu media lagu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, tiap siklus terdiri dari emapat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes matematika pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif . Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilainya yang mencapai KKM sebelum tindakan pada prasiklus 54,2%, siklus I 83%, dan siklus II 87,5%. Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantu media lagu dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

References

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Aizid, R. (2011). Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik. Yogyakarta: Laksana.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep, dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS.

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Eggen, P. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

Fauni, A., M., Henny D., K., Elvira H., R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Card Sort Siswa Kelas Lima. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 52- 64.

Lestari, Y.P., Slameto, Radia, E. H. (2018) Penerapan PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikan Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 53-62.

Ningsi, A. N. A. K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 38-50.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD. e-Journal Mitra Pendidikan, 1(4), 369-379.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan hasil belajar menggunakan media lagu anak dalam pembelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304-314.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Setyaningrum, T. W., Rulyansah, A., Setyowati, T. D., & Rahayu, P. (2023, June). Penggunaan Media Lagu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (Vol. 2, No. 1, pp. 113-118).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Reski Wening Asmarani, Fine Reffiane, & Luthfi Winarni Alexsandri. (2023). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Melihat Karena Cahaya Mendengar Karena Bunyi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2353–2361. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5389

Issue

Section

Prosiding 2023