PENERAPAN MEDIA DIORAMA RANTAI MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V D SD NEGERI WONOTINGAL
Keywords:
Hasil Belajar, Media Diorama, Rantai MakananAbstract
Media diorama merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam merangsang segala ide dan kreativitas dari peserta didik dalam proses pemebelajaran. Media diorama yaitu menirukan benda asli menggunakan benda tiruan yang berbentuk tiga dimensi, digunakan untuk menggambarkan situasi dari pemandangan sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan dari hasil belajar peserta didik kelas V D SDN Wonotingal dalam pembelajaran menggunakan media bantu diorama rantai makanan. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif komparatif dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dari peseerta didik kelas V D SDN Wonotingal mendapatkan hasik yang baik dengan peningkatan yang signifikan dari proses pembelajaran yang sudah berlangsung. Untuk itu memberikan pengajaran yang kreatif dan menyenangkan harus dipahami oleh para guru serta penting untuk mengetahui hasil belajar dari masing-masing peserta didik.
References
Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. doi: 10.30595/jrpd.v3i1.11013
Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa, 1(3), 192. doi: 10.31604/ptk.v1i3.192-201
Tanis, H. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1212. doi: 10.21512/humaniora.v4i2.3564
Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, III(1), 34–40. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/1258-Article Text-3407-1-10-20180628.pdf