PENERAPAN MEDIA DIORAMA RANTAI MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V D SD NEGERI WONOTINGAL

Authors

  • Rifqotul Badriyah Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Universitas PGRI Semarang
  • Lilik Pancowati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Media Diorama, Rantai Makanan

Abstract

Media diorama merupakan media pembelajaran yang digunakan untuk membantu peserta didik dalam merangsang segala ide dan kreativitas dari peserta didik dalam proses pemebelajaran. Media diorama yaitu menirukan benda asli menggunakan benda tiruan yang berbentuk tiga dimensi, digunakan untuk menggambarkan situasi dari pemandangan sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat peningkatan dari hasil belajar peserta didik kelas V D SDN Wonotingal dalam pembelajaran menggunakan media bantu diorama rantai makanan. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif komparatif dan ketuntasan hasil belajar. Pengambilan data dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dari peseerta didik kelas V D SDN Wonotingal mendapatkan hasik yang baik dengan peningkatan yang signifikan dari proses pembelajaran yang sudah berlangsung. Untuk itu memberikan pengajaran yang kreatif dan menyenangkan harus dipahami oleh para guru serta penting untuk mengetahui hasil belajar dari masing-masing peserta didik.

References

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1. doi: 10.30595/jrpd.v3i1.11013

Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa, 1(3), 192. doi: 10.31604/ptk.v1i3.192-201

Tanis, H. (2013). Pentingnya Pendidikan Character Building dalam Membentuk Kepribadian Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 1212. doi: 10.21512/humaniora.v4i2.3564

Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, III(1), 34–40. Retrieved from file:///C:/Users/User/Downloads/1258-Article Text-3407-1-10-20180628.pdf

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Badriyah, R. ., Miyono, N. ., & Lilik Pancowati. (2023). PENERAPAN MEDIA DIORAMA RANTAI MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V D SD NEGERI WONOTINGAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3095–3099. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5473

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)