Peningkatan Hasil Belajar Ipas Materi Fotosistesis Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas Iv

Authors

  • Nida Yuli Rachmawati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Lingkungan, hasil belajar, IPAS

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini berusaha untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik terhadap mata Pelajaran IPAS materi fotosintesis menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik kelas IV SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan Non tes. Subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik kelas IV SDN Bugangan 03 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus pembelajaran sebesar 46,43%. Kemudian meningkat lagi pada saat pembelajaran siklus I sebesar 67,86%. Karena belum mencapai target indikator kinerja, maka dilanjutkan pembelajatan ke siklus II dan didapatkan hasil belajar peserta didik sebesar 81,25%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas IV mata Pelajaran IPAS materi fotosintesis di SDN Bugangan 03 Semarang.

 

References

Istialina.(2016).Pemanfaatan Lingkungan

Sebagai Sumber Belajar Pada

Subtema Hewan Dan Tumbuhan

Di Lingkungan Rumahku Kelas Iv

Sd Negeri 3 Jeumpa Kabupaten

Bireuen Unsyiah. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 59

Kemdikbud.go.id.(2022, 11 Februari).

Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban

untuk Atasi Krisis Pembelajaran.

Diakses pada 29 November 2022,

Dari

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdekajadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran.

Nugroho, R.A. 2018. HOTS: Kemampuan

Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep,

Pembelajaran, Penilaian, dan

Soal-soal. Grasindo, Jakarta.

Rahmadi, H, dkk (2023). Psikologi

Pendidikan. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZWrDEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA85&dq=Belajar+adalah+salah+satu+konsep+yang+fundamental+dalam+bidang+pendidikan+dan+psikologi&ots=lQLyvtSKTs&sig=kL4rPnjjdVi3bpbd1d5n2Sm9za8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Rusman. (2017). Belajar Dan

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2018). Meningkatkan

Kemampuan Guru Dalam

Menerapkan Pembelajaran

Kontekstual Melalui Focus Group

Discussion (FGD) di SMK Negeri 1

Sirandorung Tahun Pelajaran

/2018. Jurnal Ilmu

Pengetahuan Sosial, 5(14–19).

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar.

Bandung: PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Suryaman, M. (2020). Orientasi

Pengembangan Kurikulum

Merdeka Belajar. In Seminar

Nasional Pendidikan Bahasa Dan

Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nida Yuli Rachmawati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Materi Fotosistesis Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas Iv. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2321–2327. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5385

Issue

Section

Prosiding 2023