Peningkatan Hasil Belajar Ipas Materi Fotosistesis Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Kelas Iv
Keywords:
Lingkungan, hasil belajar, IPASAbstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini berusaha untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik terhadap mata Pelajaran IPAS materi fotosintesis menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar peserta didik kelas IV SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan Non tes. Subjek penelitian berjumlah 28 peserta didik kelas IV SDN Bugangan 03 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada pra siklus pembelajaran sebesar 46,43%. Kemudian meningkat lagi pada saat pembelajaran siklus I sebesar 67,86%. Karena belum mencapai target indikator kinerja, maka dilanjutkan pembelajatan ke siklus II dan didapatkan hasil belajar peserta didik sebesar 81,25%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas IV mata Pelajaran IPAS materi fotosintesis di SDN Bugangan 03 Semarang.
References
Istialina.(2016).Pemanfaatan Lingkungan
Sebagai Sumber Belajar Pada
Subtema Hewan Dan Tumbuhan
Di Lingkungan Rumahku Kelas Iv
Sd Negeri 3 Jeumpa Kabupaten
Bireuen Unsyiah. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Prodi PGSD, 1(1), 59
Kemdikbud.go.id.(2022, 11 Februari).
Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban
untuk Atasi Krisis Pembelajaran.
Diakses pada 29 November 2022,
Dari
Nugroho, R.A. 2018. HOTS: Kemampuan
Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep,
Pembelajaran, Penilaian, dan
Soal-soal. Grasindo, Jakarta.
Rahmadi, H, dkk (2023). Psikologi
Rusman. (2017). Belajar Dan
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Siregar, S. (2018). Meningkatkan
Kemampuan Guru Dalam
Menerapkan Pembelajaran
Kontekstual Melalui Focus Group
Discussion (FGD) di SMK Negeri 1
Sirandorung Tahun Pelajaran
/2018. Jurnal Ilmu
Pengetahuan Sosial, 5(14–19).
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar.
Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Suryaman, M. (2020). Orientasi
Pengembangan Kurikulum
Merdeka Belajar. In Seminar
Nasional Pendidikan Bahasa Dan
Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 13-28).