147. Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jendela Batik “Sili” untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas III SDN 3 Ngetuk

Authors

  • Nilam Permata
  • Fillia Prima Artharina
  • Hariyanto

Keywords:

Matematika, Problem Based Learning, Media Papan Jendela Batik “SILI”, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa kelas 3 SDN 3 Ngetuk  yang hasil belajar  pada mata pelajaran matematika diketahui dari nilai ulangan harian pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 rendah.  Nilai rata-rata kelas di bawah KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Problem Based Learning yang pelaksanaannya dilaksanakan selama II siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 3 Ngetuk  dengan jumlah siswa sebanyak 14. Penerapan model Problem Based Learning berbantuan papan jendela batik “SILI” dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pada siklus I siswa telah mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 13,6 % dan pada siklus II telah mengalami peningkatan hasil belajar sebanyak 22,8%. Berdasarkan pemaparan tersebut menunjukkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan papan jendela batik “SILI” dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut ditunjukkan dari adanya ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sampai siklus II yang meningkat.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Permata, N. ., Artharina, F. P. ., & Hariyanto. (2023). 147. Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jendela Batik “Sili” untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas III SDN 3 Ngetuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1350–1360. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4407

Issue

Section

Prosiding 2023