Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pancasila Dasar Negaraku
Keywords:
PBL, PPKn, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL), untuk meningkatkan hasil belajar PPKn materi pancasila dasar negaraku, dan untuk mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus empat pertemuan. Data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dilaksanakan dengan langkah: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian peserta didik, (c) pembimbingan peserta didik, (d) penyajian hasil diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru pada siklus I = 81,74% dan siklus II = 87,9% Hasil observasi terhadap peserta didik pada siklus I = 83,34% dan pada siklus II= 92,3%; (2) model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar dengan presentase ketuntasan pada siklus I = 78,125% dan siklus II = 93,75%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: peserta didik sulit dikondisikan dan kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun solusi dari kendala yang ditemui yaitu: peserta didik diarahkan agar tenang dan diingatkan kembali tentang tata tertib belajar dan diberi stimulus dan motivasi kepada peserta didik agar aktif dalam kegiatan pembelajaran.
References
Ahmad, A. (2022). Standar Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Dari Perspektif Akreditasi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 42-49.
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304.
Arjanggi, F. D., Sudargo, s., & Kartinah, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 291-295.
Devitasari, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Penguatan Nilaii-Nilai anti Korupsi pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Eksperimen di SMA Negeri 27 Kota Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Gunantara, G., Suarjana, I., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Hamdani. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakart: CV Pustaka Setia.
Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2021). Peningkatan Keteramplan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 548-555.
Kahar, A. (2021). Merdeka Belajar Bagi Pendidikan Nonformal: Teori, Praktik, dan Penilaian Portofolio. Indonesia Emas Group.
Kasminah, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1264.
Khasanah, U.,& Herina, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(01), 999-1015. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/
Lestari, Y.P., Slameto, Radia, E. H. (2018) Penerapan PBL (Problem Based Learning) Berbantuan Media Papan Catur untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikan Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 53-62.
Ningsi, A. N. A. K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 38-50.
Putri, A. V., dkk. (2022). Peningkatan Hasil belajar PKn Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Sisswa SD Negeri Gandulan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3: 1600-1609.
Rahmi, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2113-2117.
Ramadha, I. E., & Zuhaida, A. (2021). Peningkatan Hasila Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Flas Card. Journal of Classroom Action Research, (3)2: 46-52.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rustiyarso, M. S., & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Noktah.
Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Syamsidah, & Herlambang, R. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sofyan, H., Wagiran, & Kokom, K. E. T. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013 (1st ed.). UNY Press 2017.
Sucipto, R. H., & Alanur, S. N. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek.
Sugiarto, T. (2020). Contextual Teaching and Learning (CTL). Yogyakarta: Mine.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Kecerdasan (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya meningkatkan Kualitas Diri dalam Proses Pembelajaran Pkn. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 11-29.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wena, M. (2011) Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.