Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Kelas IIb SD PKN Materi Simbol Pancasila dengan Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Dwi Mahmudah , Dina Prasetyowati, Ulin Nikmah, Eka Diana Rahmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar Kognitif, Media Konkret

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan hasil
belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PKn materi simbol pancasila peserta didik dengan
menggunakan media pembelajaran konkret ular tangga kebhinekaan. Penelitian merupakan penelitian
Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap observasi,
perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah kelas IIB SD Supriyadi Semarang
yang terdiri dari 27 peserta didik. Perlakuan pada penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran
konkret ular tangga kebhinekaan pada siklus dua dan siklus tiga. Penggunaan media pembelajaran
konkret ular tangga kebhinekaan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada peserta didik. Hal
tersebut terlihat pada data yang dikumpulkan melalui posttest hasil belajar kognitif peserta didik.
Pelaksanakan perbaikan pembelajaran berjalan cukup baik dengan nilai rata-rata pada siklus 1 adalah
71, meningkat menjadi lebih baik pada siklus 2 yaitu dengan rata-rata 76, dan meningkat menjadi lebih
baik lagi pada siklus 3 dengan rata-rata nilai yaitu 80. Guru selalu memberikan dukungan dalam setiap
proses kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik tidak merasa takut untuk bertanya, peserta didik
tidak merasa jenuh dan bosan, maka hasil dari proses pembelajaran tersebut memberikan hasil yang
memuaskan bagi peserta didik. Maka hasil belajar kognitif peserta didik dapat meningkat pada setiap
siklunya, yang semula pada siklus 1 rata-rata presentase ketuntasan peserta didik 44% dengan
perolehan nilai terendah 50, meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata presentase ketuntasan 67%
dengan perolehan nilai terendah 60, dan meningkat lebih baik lagi pada siklus 3 dengan rata-rata
ketuntasan mencapai 89% dengan perolehan nilai terendah 70.

References

Darman, R. A. (2020). Belajar dan

pembelajaran. Guepedia.

Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., &

Djazilan, S. (2021). Keefektifan

pembelajaran agama islam melalui

pendekatan pembelajaran aktif,

kreatif, efektif, dan menyenangkan

(pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(5), 3232-3241.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021).

Guru penggerak dan transformasi

sekolah dalam kerangka inkuiri

apresiatif. Al-Idarah: Jurnal

Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., &

Dewi, R. S. (2022). Pengertian

Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F.

(2020). Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar

Negri Bojong 3

Pinang. Bintang, 2(3), 418-430.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D.

A., & Furnamasari, Y. F. (2021).

Implementasi nilai pendidikan

karakter dalam mata pelajaran pkn di

sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5),

-4333.

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata

Pelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Sebagai

Pendidikan Karakter Peserta Didik

Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan Undiksha, 9(2),

-304.

Rahmawati, M., & Harmanto, H. (2020).

Pembentukan nilai karakter toleransi

dalam pembelajaran pendidikan

pancasila dan kewapembentukan

nilai karakter toleransi dalam

pembelajaran pendidikan pancasila

dan kewarganegaraan bagi siswa

tunagrahita. Journal of Civics and

Moral Studies, 5(1), 59-72.

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature

Review: Peningkatan Hasil Belajar

Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi

Biologi Melalui Model Pembelajaran

Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi

dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.

Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A.,

& Diadara, N. (2021). Pengaruh model

pembelajaran hybrid learning terhadap

hasil belajar pendidikan agama islam. Al-

Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan

Islam, 12(2), 349-359.

Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan

Metode Resitasi Terhadap Hasil

Belajar Kognitif Siswa

SMA. BIOMA: Jurnal Biologi dan

Pembelajarannya, 1(1), 47-55.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh model

problem based learning terhadap

hasil belajar kognitif dan motivasi

belajar IPA. MADRASCIENCE:

Jurnal Pendidikan Islam, Sains,

Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019).

Pengaruh kemampuan kognitif

terhadap prestasi belajar

matematika siswa kelas V SDN

Gugus 01 Kecamatan

Selaparang. El Midad, 11(1), 85-

Shoimah, R. N., Syafi'aturrosyidah, M., &

Hadya, S. (2021). Penggunaan media

pembelajaran konkrit untuk

meningkatkan aktifitas belajar dan

pemahaman konsep pecahan mata

pelajaran Matematika siswa kelas III

MI Ma’arif Nu Sukodadi-

Lamongan. MIDA: Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.

Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A.,

Sitompul, H. S., Manik, Y. M., Arsid,

I., ... & Luturmas, Y. (2023). Metode

Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif,

Eksperimen, dan R&D). Global

Eksekutif Teknologi.

Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media

Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan

Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.

Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019).

Perbandingan Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Pembelajaran Kooperatif

Tipe Team Games Tournament (TGT)

Dengan Media Ular Tangga Dan Media

Puzzle Di Kelas XI SMA Negeri 01

Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2).

Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan

Media Pembelajaran Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada

Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal

Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.

Sabila, S., NM, K. N., Ayunda, S. S., &

Khasanah, N. (2021, December).

Pengaplikasian PENGAPLIKASIAN

GAME EDUKASI (ULAR TANGGA)

UNTUK MENINGKATKAN

KONSENTRASI TERHADAP MINAT

BELAJAR PESERTA DIDIK:

PENGAPLIKASIAN GAME EDUKASI

(ULAR TANGGA) UNTUK

MENINGKATKAN KONSENTRASI

TERHADAP MINAT BELAJAR

PESERTA DIDIK. In SEMAI: Seminar

Nasional PGMI (Vol. 1, No. 1, pp. 499-

.

Pamungkas, I. S., & Muslim, A. H. (2023).

PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN CANDY LAND

BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM

PEMBELAJARAN PKn. Jurnal

Edupena, 4(1), 1-17.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mahmudah, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Kelas IIb SD PKN Materi Simbol Pancasila dengan Berbantuan Media Konkret. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2508–2517. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5407

Issue

Section

Prosiding 2023