Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Kelas IIb SD PKN Materi Simbol Pancasila dengan Berbantuan Media Konkret
Keywords:
Hasil Belajar Kognitif, Media KonkretAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan meningkatkan hasil
belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PKn materi simbol pancasila peserta didik dengan
menggunakan media pembelajaran konkret ular tangga kebhinekaan. Penelitian merupakan penelitian
Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap observasi,
perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Partisipan penelitian adalah kelas IIB SD Supriyadi Semarang
yang terdiri dari 27 peserta didik. Perlakuan pada penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran
konkret ular tangga kebhinekaan pada siklus dua dan siklus tiga. Penggunaan media pembelajaran
konkret ular tangga kebhinekaan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pada peserta didik. Hal
tersebut terlihat pada data yang dikumpulkan melalui posttest hasil belajar kognitif peserta didik.
Pelaksanakan perbaikan pembelajaran berjalan cukup baik dengan nilai rata-rata pada siklus 1 adalah
71, meningkat menjadi lebih baik pada siklus 2 yaitu dengan rata-rata 76, dan meningkat menjadi lebih
baik lagi pada siklus 3 dengan rata-rata nilai yaitu 80. Guru selalu memberikan dukungan dalam setiap
proses kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik tidak merasa takut untuk bertanya, peserta didik
tidak merasa jenuh dan bosan, maka hasil dari proses pembelajaran tersebut memberikan hasil yang
memuaskan bagi peserta didik. Maka hasil belajar kognitif peserta didik dapat meningkat pada setiap
siklunya, yang semula pada siklus 1 rata-rata presentase ketuntasan peserta didik 44% dengan
perolehan nilai terendah 50, meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata presentase ketuntasan 67%
dengan perolehan nilai terendah 60, dan meningkat lebih baik lagi pada siklus 3 dengan rata-rata
ketuntasan mencapai 89% dengan perolehan nilai terendah 70.
References
Darman, R. A. (2020). Belajar dan
pembelajaran. Guepedia.
Rafikasari, F., Ibrahim, M., Amin, S. M., &
Djazilan, S. (2021). Keefektifan
pembelajaran agama islam melalui
pendekatan pembelajaran aktif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan
(pakem) di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(5), 3232-3241.
Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021).
Guru penggerak dan transformasi
sekolah dalam kerangka inkuiri
apresiatif. Al-Idarah: Jurnal
Kependidikan Islam, 11(1), 1-12.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., &
Dewi, R. S. (2022). Pengertian
Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F.
(2020). Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar
Negri Bojong 3
Pinang. Bintang, 2(3), 418-430.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D.
A., & Furnamasari, Y. F. (2021).
Implementasi nilai pendidikan
karakter dalam mata pelajaran pkn di
sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5),
-4333.
Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata
Pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Sebagai
Pendidikan Karakter Peserta Didik
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan Undiksha, 9(2),
-304.
Rahmawati, M., & Harmanto, H. (2020).
Pembentukan nilai karakter toleransi
dalam pembelajaran pendidikan
pancasila dan kewapembentukan
nilai karakter toleransi dalam
pembelajaran pendidikan pancasila
dan kewarganegaraan bagi siswa
tunagrahita. Journal of Civics and
Moral Studies, 5(1), 59-72.
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature
Review: Peningkatan Hasil Belajar
Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi
Biologi Melalui Model Pembelajaran
Guided Inquiri. BIOMA: Jurnal Biologi
dan Pembelajarannya, 2(2), 51-59.
Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A.,
& Diadara, N. (2021). Pengaruh model
pembelajaran hybrid learning terhadap
hasil belajar pendidikan agama islam. Al-
Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan
Islam, 12(2), 349-359.
Irfan, M. (2019). Pengaruh Penerapan
Metode Resitasi Terhadap Hasil
Belajar Kognitif Siswa
SMA. BIOMA: Jurnal Biologi dan
Pembelajarannya, 1(1), 47-55.
Kusnandar, D. (2019). Pengaruh model
problem based learning terhadap
hasil belajar kognitif dan motivasi
belajar IPA. MADRASCIENCE:
Jurnal Pendidikan Islam, Sains,
Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.
Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019).
Pengaruh kemampuan kognitif
terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SDN
Gugus 01 Kecamatan
Selaparang. El Midad, 11(1), 85-
Shoimah, R. N., Syafi'aturrosyidah, M., &
Hadya, S. (2021). Penggunaan media
pembelajaran konkrit untuk
meningkatkan aktifitas belajar dan
pemahaman konsep pecahan mata
pelajaran Matematika siswa kelas III
MI Ma’arif Nu Sukodadi-
Lamongan. MIDA: Jurnal
Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.
Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A.,
Sitompul, H. S., Manik, Y. M., Arsid,
I., ... & Luturmas, Y. (2023). Metode
Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif,
Eksperimen, dan R&D). Global
Eksekutif Teknologi.
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media
Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan
Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019).
Perbandingan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Pembelajaran Kooperatif
Tipe Team Games Tournament (TGT)
Dengan Media Ular Tangga Dan Media
Puzzle Di Kelas XI SMA Negeri 01
Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2).
Agustira, S., & Rahmi, R. (2022). Penggunaan
Media Pembelajaran Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Tingkat SD. MUBTADI: Jurnal
Pendidikan Ibtidaiyah, 4(1), 72-80.
Sabila, S., NM, K. N., Ayunda, S. S., &
Khasanah, N. (2021, December).
Pengaplikasian PENGAPLIKASIAN
GAME EDUKASI (ULAR TANGGA)
UNTUK MENINGKATKAN
KONSENTRASI TERHADAP MINAT
BELAJAR PESERTA DIDIK:
PENGAPLIKASIAN GAME EDUKASI
(ULAR TANGGA) UNTUK
MENINGKATKAN KONSENTRASI
TERHADAP MINAT BELAJAR
PESERTA DIDIK. In SEMAI: Seminar
Nasional PGMI (Vol. 1, No. 1, pp. 499-
.
Pamungkas, I. S., & Muslim, A. H. (2023).
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN CANDY LAND
BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM
PEMBELAJARAN PKn. Jurnal
Edupena, 4(1), 1-17.