Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Papan Tempel untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas Va

Authors

  • Isbat Dzikril Anam , Arfilia Wijayanti, Effendi Isnuryantono , Eka Desi Damayanti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

hasil belajar, Problem based learning, papan tempel, PKn

Abstract

Penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA pembelajaran PKn
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Papan tempel di SDN Gayamsari 02.
Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus.
Penilaian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada pra siklus,
siswa yang tuntas adalah 11 siswa atau peresentase yang tuntas 37% sedangkan yang tidak tuntas adalah
19 siswa atau persentase tidak tuntas 63%. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 20 siswa atau
persentase 67% sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 10 siswa atau persentase tidak tuntas 33%.
Pada siklus II siswa yang tuntas adalah 27 siswa atau persentase tuntas 90% sedangkan siswa yang tidak
tuntas adalah 3 siswa atau persentase tidak tuntas 10%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
hasil belajar siswa kelas VA pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning
berbantuan papan tempel

References

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen

Pendidikan. (2022). Panduan

Pembelajaran Asesmen: Pendidikan

Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,

dan Menengah. Jakarta :

Kemendikbudristek

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model

problem based learning terhadap

hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu

Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan

Dasar Pendidikan Karakter di

Indonesia. Journal on

Education, 6(1), 2361-2373.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan

pembelajaran. Lentera Pendidikan:

Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan

Keguruan, 17(1), 66-79.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Alifah, A. N.,

Nurhikmah, J., Ningsih, R. R., &

Ilahi, R. S. N. (2023). Penerapan

Kurikulum Merdeka di Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 7(2), 6194-6201.

Jannah, Aghisni Ika Luluil, 2018. Asyiknya

bermain. Yogyakarta :Lontar

Mediatama

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.

(2019, October). Problem based

learning (PBL) untuk meningkatkan

keterampilan berpikir kritis.

In Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).

Munadi, Yudhi. 2008. Media

pembelajaran. Ciputat: Gaung

Persada

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media

pembelajaran untuk meningkatkan

hasil belajar siswa. Jurnal

misykat, 3(1), 171-187.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan

Pembelajaran Bermakna Dan

Asesmen Kurikulum

Merdeka. JURNAL

PEDAGOGY, 15(1), 75-94.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar.

Jakarta: Rinea Cipta.

Sari, R. P., Zuardi, Z., Reinita, R., & Zikri,

A. (2020). Penggunaan Model

Problem Based Learning terhadap

Hasil Belajar dalam Pembelajaran

PKn di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 4(1), 221-227.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017).

Penerapan model pembelajaran

kooperatif tipe STAD untuk

meningkatkan hasil belajar

IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah

Dasar, 1(1), 1-8.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran

kooperatif mind mapping berbantu

audio visual dalam meningkatkan

minat, motivasi dan hasil belajar

IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal

Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-

Sulistyo, E. T. (2011). Media Pendidikan

dan Proses Belajar Mengajar.

Sumantri, Mulyani. (2014) Perkembangan

Peserta Didik. Banten : Universitas

Terbuka.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan

pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Prenada Media Group

Undang-undang no. 20 tahun 2003

tentang sistem Pendidikan nasional

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan

kelas. Jurnal pendidikan akuntansi

indonesia, 6(1).

Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan

Permatasari, Anisa. 2018.

Penggunaan Media Pembelajaran

Gambar Fotografi Pada Mata

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1).

-14.

Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018).

Pengembangan Media Papan Tempel

Bangun Datar Berbasis Pemecahan

Masalah Matematika Siswa Kelas 4

SD. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2),

-17.

Yolandha, W., & Dewi, D. A. (2021).

Pendidikan Kewarganegaraan

Konsilidasi Identitas Nasional di Era

Revolusi Industri 4.0. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 5(1), 911-919.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dzikril Anam, I. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Papan Tempel untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas Va. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2549–2556. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5412

Issue

Section

Prosiding 2023