Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Papan Tempel untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas Va
Keywords:
hasil belajar, Problem based learning, papan tempel, PKnAbstract
Penelitian ini berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA pembelajaran PKn
menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Papan tempel di SDN Gayamsari 02.
Penelitian menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus.
Penilaian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada pra siklus,
siswa yang tuntas adalah 11 siswa atau peresentase yang tuntas 37% sedangkan yang tidak tuntas adalah
19 siswa atau persentase tidak tuntas 63%. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 20 siswa atau
persentase 67% sedangkan siswa yang tidak tuntas adalah 10 siswa atau persentase tidak tuntas 33%.
Pada siklus II siswa yang tuntas adalah 27 siswa atau persentase tuntas 90% sedangkan siswa yang tidak
tuntas adalah 3 siswa atau persentase tidak tuntas 10%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan
hasil belajar siswa kelas VA pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning
berbantuan papan tempel
References
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen
Pendidikan. (2022). Panduan
Pembelajaran Asesmen: Pendidikan
Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar,
dan Menengah. Jakarta :
Kemendikbudristek
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model
problem based learning terhadap
hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu
Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan
Dasar Pendidikan Karakter di
Indonesia. Journal on
Education, 6(1), 2361-2373.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan
pembelajaran. Lentera Pendidikan:
Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan
Keguruan, 17(1), 66-79.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Alifah, A. N.,
Nurhikmah, J., Ningsih, R. R., &
Ilahi, R. S. N. (2023). Penerapan
Kurikulum Merdeka di Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 7(2), 6194-6201.
Jannah, Aghisni Ika Luluil, 2018. Asyiknya
bermain. Yogyakarta :Lontar
Mediatama
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.
(2019, October). Problem based
learning (PBL) untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis.
In Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).
Munadi, Yudhi. 2008. Media
pembelajaran. Ciputat: Gaung
Persada
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media
pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa. Jurnal
misykat, 3(1), 171-187.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan
Pembelajaran Bermakna Dan
Asesmen Kurikulum
Merdeka. JURNAL
PEDAGOGY, 15(1), 75-94.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar.
Jakarta: Rinea Cipta.
Sari, R. P., Zuardi, Z., Reinita, R., & Zikri,
A. (2020). Penggunaan Model
Problem Based Learning terhadap
Hasil Belajar dalam Pembelajaran
PKn di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 4(1), 221-227.
Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017).
Penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD untuk
meningkatkan hasil belajar
IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah
Dasar, 1(1), 1-8.
Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran
kooperatif mind mapping berbantu
audio visual dalam meningkatkan
minat, motivasi dan hasil belajar
IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal
Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13-
Sulistyo, E. T. (2011). Media Pendidikan
dan Proses Belajar Mengajar.
Sumantri, Mulyani. (2014) Perkembangan
Peserta Didik. Banten : Universitas
Terbuka.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan
pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Prenada Media Group
Undang-undang no. 20 tahun 2003
tentang sistem Pendidikan nasional
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan
kelas. Jurnal pendidikan akuntansi
indonesia, 6(1).
Windiyani, Tustiyana. Novita, Lina dan
Permatasari, Anisa. 2018.
Penggunaan Media Pembelajaran
Gambar Fotografi Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Siswa Sekolah Dasar. JPSD Vol. 4 (1).
-14.
Wulandari, A. N., & Mawardi, K. (2018).
Pengembangan Media Papan Tempel
Bangun Datar Berbasis Pemecahan
Masalah Matematika Siswa Kelas 4
SD. Jurnal Pendidikan Guru, 1(2),
-17.
Yolandha, W., & Dewi, D. A. (2021).
Pendidikan Kewarganegaraan
Konsilidasi Identitas Nasional di Era
Revolusi Industri 4.0. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 5(1), 911-919.