184. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pancasila di Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana SDN 03 Jebol

Authors

  • Zuhruf Aji Wicaksana
  • Kartinah
  • Dewi Khotijah

Keywords:

Hasil Belajar, Problem based learning, Aktivitas peserta didik

Abstract

Penelitian yang di buat ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan Aktvitas peserta didik di kelas III melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar peserta didik dalam proses Pembelajaran model Problem Based Learningm yaitu model pembelajaran yang bersifat kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas III SDN 03 Jebol dengan subjek yang diteliti berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilakukan II siklus, setiap siklus dua pertemuan. Tahapan penelitian ini dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem based learning. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Hasil penelitian yang sudah dilakukan di kelas III SDN 03 Jebol bisa disimpulkan dengan penerapan model Problem Based Learningbisa meningkatkan Aktvitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan adalah guru bisa menerapkan model Problem Based Learningdengan baik, sehingga menciptakan suasana yangmenyenangkan.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wicaksana, Z. A. ., Kartinah, & Khotijah, D. . (2023). 184. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pancasila di Kelas III Tema 8 Praja Muda Karana SDN 03 Jebol. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1651–1655. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4229

Issue

Section

Prosiding 2023