Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas IV SDN Kalicari 01

Authors

  • Afika Muzayyanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IVB SD Negeri Kalicari 01 Tahun Pelajaran 2023/ 2024. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan selama 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, soal evaluasi/ tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Nilai rata- rata peserta didik meningkat dari 71 pada siklus pertama menjadi 80 pada siklus kedua, melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Sejalan dengan itu, persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar juga meningkat dari 71% di siklus pertama menjadi 86% di siklus kedua. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi.

References

Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Wahyudin,Dinn.,(2009). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Aziz, L. A. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 24 Cakranegara. Mataram : JMPP-Pendidikan Matematika

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran inkuiri pada siswa SD. Jurnal ilmiah guru caraka olah pikir edukatif, (1).

Utomo, Muhamad Adip Prajoko, Fine Refiane, et all. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Berbantuan Media Eziteriakban Sdn Panggung Lor. Joyful Learning Journal. 10 (1). P-ISSN 2252-6366. E-ISSN 2775-295X

Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan, 1(4), 369-379.

Izzati, M. (2018). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Calon Guru Matematika Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Matematika, Jurnal Eduma, 7(2), 71-84.

Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkan Scientific Literacy. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34– 43..

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Supardi, Md. 2006. Metodologi penelitian. Mataram: Yayasan Cerdas Press

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Muzayyanah, A. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas IV SDN Kalicari 01 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2738–2745. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5432

Issue

Section

Prosiding 2023