Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri Panggung Lor melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Pop Up Book

Authors

  • Baharudin Nugraha Putra Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kreativitas, Model Project Based Leraning, Pop Up Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Panggung Lor Semarang dengan Pembelajaran berbasis Proyek. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Panggung Lor Semarang yang berjumlah 29 siswa dan subyek pelaku tindakan adalah peneliti sebagai guru. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti pada kelas IV dapat disimpulkan bahwa, penerapan Pembelajaran berbasis Proyek dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri Panggung Lor Semarang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatkan kreativitas siswa kelas IV meningkat secara berturut-turut dari pra siklus sampai siklus II yaitu 37 %; 54%; dan 86%.

References

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Efektivitas model OPPEMEI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25343

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Ernawati, M., Muhammad, D., Asrial Asrial, & Muhaimin Muhaimin. (2019). Development of creative thinking skill instruments for chemistry student teachers in Indonesia. International Journal of Online and Biomedical Engineering (IJOE), 15(14), 21–30. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11354

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Fatmawati, B. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA 16(2).

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor Ghalia Indonesia.

Jalaluddin, J. (2016). Model-model pembelajaran dan implementasi dalam RPP. Media Mutiara Lentera.

Lydiati, I. (2019). Enhancing the creativity of students in statistics materials through the PjBL-STEM learning model class XII MIPA 6 SMA Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 51–60. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.94

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Sani, R. dan Sudiran. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Medan Citapustaka

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329

Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, Dan Kuliner, 7(1), 76–81. https://doi.org/10.17509/boga.v7i1.11599

Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative thinking ability with open-ended problems based on self-efficacy in Gnomio blended learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 10(1), 20–25. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34277

Yani, L., & Taufik, T. (2020). penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V sekolah dasar (studi literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9),70–82. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Putra, B. N. . (2023). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas IV SD Negeri Panggung Lor melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantu Pop Up Book. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2780–2787. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5437

Issue

Section

Prosiding 2023