Peningkatan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Kelas Xi SMAN 14 Semarang

Authors

  • Puja Hayati Noor Mabruroh Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Achmad Buchori PGRI University of Semarang
  • Noer Hudha Ekowati State Senior High School 14 Semarang

Keywords:

Project Based Learning, Kreativitas, Hasil belajar, Statistika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar statistika siswa kelas XI SMA N 14 Semarang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) (2) peningkatan kreativitas siswa kelas XI 2 SMA N 14 Semarang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI 2 SMA N 14 Semarang, dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi wawancara tak berstruktur, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan setiap siklusnya. Teknik analisis data dilakukan dengan kuantitatif yaitu observasi angket kreativitas dan hasil tes kognitif peserta didik untuk menentukan peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project based Learning dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada kelas XI 2 SMA N 14 Semarang dari siklus I dengan persentase 73,4% sedangkan pada siklus II dengan persentase 80,7%. Adapun hasil belajar kognitif dengan posttest diperoleh hasil pada siklus I ketuntasan hasil belajar sebesar 68,8% dan pada siklus II sebesar 90%. Dengan demikian, terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Statistika kelas XI 2 SMA N 14 Semarang.

References

Baharuddin Esanu Nur Wahyuni. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group → Buku

Eko, Mulyadi “Penerapan Model Project Basic Learning Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Prestasi Belajar Siswa Smk” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 1 (4), Oktober 2015.→ Jurnal online

Hergenhahn, B.R (2017). Theories Of Learning. Jakarta: Prenada Media → Buku terjemahan

Khanifatul (2013). Pembelajaran Inovatif : Strategi Mengelola Kelas Secara Efektif Dan Menyenangkan. Yogyakarta: ArRuzz Media Group → Buku

Munandar, Utami. Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta:Rineka Cipta, 2016 → Buku

Raita Andi. (2021). Dimensi Toleransi Pesan Al-Quran Di Media Sosial Indonesia. Tesis. h 97-98, → Buku

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Herry Hernawan, P. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 5(4), 6313–6319.→ Jurnal cetak

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya → Buku

Sugihartono DKK. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY press → Buku

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,2012. → Buku

Suprihatiningrum, J. (2012). Strategi Pembelajaran: teori dan aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group → Buku

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Noor Mabruroh, P. H., Achmad Buchori, A. ., & Ekowati, N. H. (2024). Peningkatan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Peserta Didik Kelas Xi SMAN 14 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 182–189. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6000

Issue

Section

Matematika