Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 melalui Model Problem Based Learning dengan Permainan Siapa Aku pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Wahyu Adiningsih Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Permainan, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di SD N Sambirejo 02 Semarang melalui model Problem Based Learning dengan permainan Siapa Aku. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase dari hasil belajar Bahasa Indonesia antara pra siklus dan setelah siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model Problem Based Learning dengan implementasi permainan Siapa Aku dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Sebanyak 28 peserta didik kelas 2 SD N Sambirejo 02 Semarang menjadi peserta penelitian. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil sebelum dilakukan tindakan yaitu pada pra siklus hanya 10 peserta didik atau 36% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 16 peserta didik atau 57% yang tuntas dan pada siklus II meningkat menjadi 24 peserta didik yang tuntas belajar atau dengan persentase 86%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena mencapai indikator kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥ 80% dari seluruh peserta didik. Untuk Peningkatkan hasil belajar peserta didik, maka diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan permainan Siapa Aku sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 

References

Ainia, N. PENERAPAN MEDIA GAMES INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KELAS 2 DI SDN PAMOTAN 2. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Alisjahbana,S.T. 1983. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jilid I. Jakarta : Dian Rakyat.

Amir, M. F. dan Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Anggraeni, Y., & Saputro, BA (2023, Juli). 214. Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas 1 SD Negeri Angkatan Lor 03. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (hlm. 1634-1640).

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta didik SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Eismawati, E., Henny, D.W., & Elvira, H. R. (2019). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3 (2), 73–78.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Lestari, I. D., & Kusumaningsih, W. (2023, July). 309. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas I SD 1 Peganjaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 2178-2184).

Maisaroh, M., & Rostrieningsih, R. (2010). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran active learning tipe quiz team pada mata pelajaran keterampilan dasar komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(2), 17197.

Mega. 2014. Hasil Belajar Peserta didik, Universitas Negeri Yogyakarta.

Muslich, M. 1990. Tata Bahasa Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Mulya, I. N. F., Artharina, F. P., & Miyarti, M. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu PPT Interaktif Di Kelas III SDN 3 Bawu Tahun Pelajaran 2022/2023. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 12(2), 112-124.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasi, 1 (2), 127-134.

Poniman, P. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Permainan Kartu Bergambar. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 2(1), 48-58.

Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahapeserta didik (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Saptaningrum, E., & Nuvitalia, D. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahapeserta didik Pada Materi Alat Optik Melalui Problem Based Learning. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 338–345.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Talib, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Membuat Kalimat Tanya Melalui Games Jeopardy Peserta didik Kelas V Sdn No. 13 Allu I Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Jurnal Konfiks, 1(1), 43-55.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Wahyu Adiningsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 melalui Model Problem Based Learning dengan Permainan Siapa Aku pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3012–3019. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5464

Issue

Section

Prosiding 2023