247. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Kognitif Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Kelas II SDN Pati Lor 03

Authors

  • Halimah Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah SD Negeri Pati Lor 03
  • Ngarisih SD Negeri Pati Lor 03

Keywords:

Hasil Belajar, PBL, Media Konkrit

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar kognitif dengan model Project Based Learning (PjBL) kelas II SDN Pati Lor 03. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian kelas II yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdapat empat tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil presentasi kreativitas diperoleh pra siklus 25% sangat kreatif, 33% kreatif, 21% cukup kreatif, 8% kurang kreatif, dan 13% sangat kurang kreatif. Pada siklus I mengalami kenaikan kreativitas dengan 25% sangat kreatif, 42 kreatif, dan 33% cukup kreatif. Pada hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata pra siklus 83, siklus I 84, dan siklus II 90. Hal ini membuktikan bahwa model PjBL meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik kelas II SDN Pati Lor 03. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) pada Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan sudah terlaksana dengan baik serta pembelajaran tiap siklus mengalami peningkatan baik pada kreativitas maupun hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Halimah, Mushafanah, Q., & Ngarisih. (2023). 247. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Kognitif Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Kelas II SDN Pati Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2193–2202. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4313

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)