273. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas V SD N Sitirejo Pati Tahun 2022/2023

Authors

  • Silviana Widuri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universitas PGRI Semarang
  • Siti Muzaroah SD N Sitirejo

Keywords:

Model Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Tema 8 Lingkunan Sahabat Kita di SDN Sitirejo dengan menggunakan model project based learning (PJBL). Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan subjek 28 peserta didik.Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Selama siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,, observas, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah Model Project Based Learning (PJBL). Sedangkan variable terikat penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes.Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II yaitu persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75 % pada siklus I dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh penerapan model Project Based Learning (PJBL) yang mendorong peserta didik berpikir kreatif dan aktif dalam menyelesaikan project dalam pembelajarannya.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Handayani, S. W., Sulianto, J., & Muzaroah, S. (2023). 273. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Model Project Based Learning di Kelas V SD N Sitirejo Pati Tahun 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2410–2417. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4387

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)