IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS LEARNING ACTIVITIES

Authors

  • Anggi Ulul Hasanah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

keaktifan belajar, Project-based learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran di SMA N 5 Semarang khususnya pada kelas X-7. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X-7 melalui penerapan model pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian yakni 36 siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model dari Miles & Huberman yang mana terdiri dari 3 tahap; reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, yaitu dari 36 siswa terdapat 12 siswa mencapai angka 33,33% pada pra siklus dan meningkat menjadi 55,56% dengan jumlah siswa 20 pada siklus 1. Keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus 2 menjadi 86,11% dengan jumlah siswa 31 orang. Dengan adanya penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan sintaks PjBL dengan pemberian materi kontekstual terkait lingkungan siswa  dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hasanah, A. U. . (2023). IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS LEARNING ACTIVITIES. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 246–255. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4801

Issue

Section

Prosiding 2023