IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS LEARNING ACTIVITIES
Keywords:
keaktifan belajar, Project-based learningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran di SMA N 5 Semarang khususnya pada kelas X-7. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X-7 melalui penerapan model pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian yakni 36 siswa. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model dari Miles & Huberman yang mana terdiri dari 3 tahap; reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa, yaitu dari 36 siswa terdapat 12 siswa mencapai angka 33,33% pada pra siklus dan meningkat menjadi 55,56% dengan jumlah siswa 20 pada siklus 1. Keaktifan belajar siswa meningkat pada siklus 2 menjadi 86,11% dengan jumlah siswa 31 orang. Dengan adanya penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan sintaks PjBL dengan pemberian materi kontekstual terkait lingkungan siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa secara signifikan.