338. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan di SD 2 Mijen

Authors

  • Shinta Arfiani
  • Muhammad Prayito
  • Nor Djama’i

Keywords:

Matematika, hasil belajar, model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas I pada materi penjumlahan dan pengurangan di SD 2 Mijen. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 10 anak. Pemerolehan data berasal dari lembar hasil belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan dalam 2 siklus, dimana pada siklus I menunjukkan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90 dengan kriteria ketuntasan minimal 70. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 100. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 90%. Adapun hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I.

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Arfiani, S. ., Prayito, M. ., & Djama’i, N. . (2023). 338. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan di SD 2 Mijen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 3014–3022. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4261

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)