PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK BERBANTU MEDIA VISUAL TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS II
Keywords:
Metode Pembelajaran, Diskusi Kelompok, Media Visual, Aktivitas BelajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di Kelas II mereka aktif dalam mengungkapkan pendapatnya dan berani menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru. Beberapa siswa juga berani untuk bertanya kepada guru apabila ada hal yang mereka belum pahami dari materi yang disampaikan oleh guru. Namun karena aktif maka guru terkadang belum dapat memfasilitasi semua tanggapan dari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas belajar siswa kelas II melalui penerapan metode diskusi kelompok berbantu media visual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data lembar observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II dengan jumlah 29 siswa. Hasil yang diperoleh adalah metode diskusi kelompok berbantu media visual mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam aspek memperhatikan, berdiskusi, menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah. Metode ini dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan didukung dengan inovasi guru agar pelaksanaan pembelajaran tetap berpusat pada siswa.
References
Kelirik, Nengah, 2018. Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukana. Jurnal IKA Vol. 16, No 1
Supriyati, Ika. 2020. Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Siswa kelas VIII MTSn 4 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra Volume 5 no 1
Mukminin, Erik, dkk. 2023. Penerapan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Negeri Pati Lor 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru:2023: SEMINAR NASIONAL “OPTIMALISASI PKB MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS”
Ratnadewi, dkk. 2018. Penerapan Discovery Learning Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol 1 No. 1
Wulandari, dkk. 2023. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Pandak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 09 Nomor 01