9. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas 4 SDN Brumbung

Authors

  • Yunita Indriana Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso Universitas PGRI Semarang
  • Agus Riwanto SDN BRUMBUNG

Keywords:

Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui tes formatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II. Pada siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menggunakan instrument untuk mengumpulkan data dengan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas 4 SDN Brumbung Demak dengan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I yaitu sebesar 70% dan siklus II mencapai 90% dengan kategori sangat baik dan memenuhi kriteria ketuntasan. Aktivitas siswa juga meningkat terlihat dari peningkatan pikirandan dan focus dalam mengikuti pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning berbantu media audio visual pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Indriana, Y., Nuroso, H., & Riwanto, A. (2023). 9. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas 4 SDN Brumbung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 68–75. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3916

Issue

Section

Prosiding 2023