Penerapan Alur Merdeka Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras

Authors

  • Arum Diyastanti Universits PGRI Semarang
  • Rasiman Universits PGRI Semarang
  • Dewi Handayani Universits PGRI Semarang

Keywords:

alur merdeka, media puzzle, hasil belajar kognitif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Semarang pada materi teorema Pythagoras dengan menerapkan alur Merdeka berbantu media puzzle. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penlitian ini adalah siswa kelas VIIIH SMP Negeri 37 Semarang semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Kelas ini berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 16 siswa putri. penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu dengan menganalisis data meliputi rata-rata nilai siklus I dan rata-rata nilai siklus II untuk mengetahui keterampilan guru dan keterampilan siswa serta mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan alur Merdeka berbantuan media puzzle. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dalam menerapkan alur Merdeka berbantuan media puzzle pada keterampilan guru persentase dari 65% menjadi 83% sedangkan keterampilan siswa persentase dari 62% menjadi 81%. Dan hasil belajar kognitif siswa pada proses pembelajaran dari ketuntasan sebesar 61% menjadi 87%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa pelakasanaan pembelajaran dengan menerapkan alur Merdeka berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada materi teorema Pythagoras.

References

Afisa, M., Rasiman, R., & Wijayanti, A. (2018, March). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTU MEDIA POHON PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN SENDANGMULYO 01 SEMARANG. In SEMINAR NASIONAL PGSD 2017.

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksra

Darouich, A., et al. (2017). Modelization of Cognition, Activity and Motivation as Indicators for Interactive Learning Environment. Advances in Sciences, Technology and Engineering System Journal, 2 (3): 520-531

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Zahara, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710-716.

Kurikulum, P., Depdiknas, B., & No, J. G. S. R. (2006). Pengembangan model pendidikan kecakapan hidup. Jakarta Pusat.

Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah dasar (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 102-106.

Mulyasa, H.E. (2013). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurfitriyana, S. (2021). Analisis Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Invention: Journal Research and Education Studies, 40-47.

Purwanto. 2008. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Prenada: Media Group.

Sari, R. Y., Fatmawati, F., & Hasan, Y. (2013). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL MELALUI MEDIA PUZZLE HURUF BAGI ANAK SLOW LEARNER. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3).

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Wulandari, A. S., & Widiyatmoko, A. (2023, July). PENERAPAN ALUR MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Yanuarti, R., Rasiman, R., & Damayani, A. T. (2018, March). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS III SDN KEDUNGMUNDU SEMARANG. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Diyastanti, A., Rasiman, & Handayani, D. (2023). Penerapan Alur Merdeka Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1459–1466. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5281

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)