Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IVA SDN Sendangmulyo 02

Authors

  • Shafira Firdaus Sarjono Universits PGRI Semarang

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendekatan Berdiferensiasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar peserta didik karena pembelajaran belum dipetakan sesuai dengan minat dan gaya belajar peserta didik. Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   motivasi belajar melalui pendekatan berdiferensiasi dengan model problem based learning siswa kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 pada semester ganjil  2023/2024. Subjek  penelitian  adalah peserta  didik  kelas  IVA  SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan  jumlah  27 peserta didik. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  yang  terdiri  dari  dua  siklus.  Setiap siklus  meliputi  perencanaan,  tindakan,  pengamatan,  dan  refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik  analisis  data  yang  digunakan  yaitu  teknik  analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh  adanya  peningkatan  rata-rata  motivasi  belajar  peserta  didik dari kondisi awal  sebesar 58,7% termasuk kategori kurang, setelah adanya tindakan pada siklus I menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan model problem based learning meningkat  menjadi 79,6% dalam kategori  baik, sementara itu juga terjadi peningkatan rata-rata  motivasi  belajar  peserta  didik  dari siklus I  ke  siklus  II  menjadi  88,1 % dengan kategori  sangat baik.

References

Alfath, A. ., Usman, A. ., & Utomo , A. P. . (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 132–140.

Amalia, D., Buchori, A., & Astuti, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 533–543.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1),80-86.

Aprima, D., & Sari, S. . (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.

Arikunto S., Suhardjono, & Supardi (2021). Penelitian tindakan kelas. Jakarta :Bumi Aksara.

Arnyana I., B., P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan creative Thinking) Untuk menyongsong Era Abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1-13.

Etikamurni D., P., Istyowati A., & Ayu H., D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2),179-189.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik - Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826.

Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Denan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galia Indonesia.

Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 01–07.

Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

Rafiska & Susanti R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal Of Education, 9(1), 474 – 482.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Sajaya, Hayat, M. S., & Widayati, N. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Cerdas Cermat pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1580–1589.

Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Setyaningrum I., Nuraini A., I., & Savitri E., N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 34-43.

Sofianingsih R., Puspananda D., R., & Fitrianingsih A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Persamaan Linier Kelas X-2 SMA N 1 Kedungadem Bojonegoro Tahun 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1556-1566.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.

Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Suhesti, S., Nawir, H., & Syarifuddin, S. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi di UPT SPF- SMA Negeri 22 Bone Kabupaten Bone. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3095-3110.

Susanti I., Sholikhan, & Ain N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap Matawai IWI. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6-12.

Wahyuningtyas, A. T., Minarti, I. B., & Budiastuti. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII melalui Model Problem Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1450–1457.

Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2),94-97.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Shafira Firdaus Sarjono. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IVA SDN Sendangmulyo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3259–3266. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5660

Issue

Section

Prosiding 2023