Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IVA SDN Sendangmulyo 02
Keywords:
Motivasi Belajar, Pendekatan Berdiferensiasi, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar peserta didik karena pembelajaran belum dipetakan sesuai dengan minat dan gaya belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan berdiferensiasi dengan model problem based learning siswa kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 pada semester ganjil 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVA SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah 27 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh adanya peningkatan rata-rata motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal sebesar 58,7% termasuk kategori kurang, setelah adanya tindakan pada siklus I menggunakan pendekatan berdiferensiasi dan model problem based learning meningkat menjadi 79,6% dalam kategori baik, sementara itu juga terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II menjadi 88,1 % dengan kategori sangat baik.
References
Alfath, A. ., Usman, A. ., & Utomo , A. P. . (2023). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 132–140.
Amalia, D., Buchori, A., & Astuti, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 533–543.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1),80-86.
Aprima, D., & Sari, S. . (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101.
Arikunto S., Suhardjono, & Supardi (2021). Penelitian tindakan kelas. Jakarta :Bumi Aksara.
Arnyana I., B., P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan creative Thinking) Untuk menyongsong Era Abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1-13.
Etikamurni D., P., Istyowati A., & Ayu H., D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2),179-189.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250-258.
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik - Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa Dan Hasil Belajar Denan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Galia Indonesia.
Mubarok, H. (2023). Studi Literatur Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Konteks Pedagogi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 01–07.
Purwanto, Ngalim. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.
Rafiska & Susanti R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal Of Education, 9(1), 474 – 482.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Sajaya, Hayat, M. S., & Widayati, N. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Cerdas Cermat pada Mata Pelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1580–1589.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Setyaningrum I., Nuraini A., I., & Savitri E., N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 34-43.
Sofianingsih R., Puspananda D., R., & Fitrianingsih A. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Persamaan Linier Kelas X-2 SMA N 1 Kedungadem Bojonegoro Tahun 2022/2023. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1556-1566.
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.
Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Suhesti, S., Nawir, H., & Syarifuddin, S. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Ekonomi di UPT SPF- SMA Negeri 22 Bone Kabupaten Bone. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3095-3110.
Susanti I., Sholikhan, & Ain N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Satap Matawai IWI. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(1), 6-12.
Wahyuningtyas, A. T., Minarti, I. B., & Budiastuti. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII melalui Model Problem Based Learning pada Materi Cahaya dan Alat Optik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1450–1457.
Yokhebed. (2019). Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi. Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2),94-97.