PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2

Authors

  • Charisma Annuritza Arliana Universits PGRI Semarang
  • Duwi Nuvitalia Universits PGRI Semarang
  • Tutik Wahyuni Universits PGRI Semarang
  • Ratna Murtiningsih Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, media konkret, karakter gotong royong

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya karakter gotong royong peserta didik karena kondisi pembelajaran yang masih jarang mengharuskan peserta didik untuk bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter gotong royong peserta didik melalui model Problem Based Learning berbantu media konkret pada peserta didik kelas II. Subyek penelitian adalah 27 peserta didik kelas IIA SDN Kalicari 01 Semarang. Penelitian terdiri atas dua siklus dan setiap siklus menggunakan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilaksanakan pada bulan Agustus 2023. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut model Problem Based Learning berbantu media konkret dapat diimplementasikan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas II di SDN Kalicari 01 Semarang, hal tersebut dapat dibuktika dari nilai rata-rata karakter gotong-royong peserta didik terjadi peningkatan dari nilai prasiklus memiliki rata-rata 55,5 dengan kategori cukup, siklus I memiliki rata-rata 60,7 dengan kategori cukup, dan siklus II memiliki rata-rata 81,1 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 5,9 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,4.

References

Aryani, W. D. (2021). IMPLEMENTASI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG, KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IXC DI SMPN 1 KANDEMAN. RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 5(2), 23-34.

Baidhawi, M. (2017). Efektivitas Penggunaan Problem Based Learning (PBL)

Berorientasi Analogi Fokus Aksi Refleksi (FAR) Berbantu Media eXe

Learning Pada Materi Asam dan Basa di SMA (Doctoral dissertation,

UNIMED).

Emalasari, N. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Penerapan Pembiasaan Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Gotong Royong Siswa SD. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1560-1566

Kemendikbud (2017) ‘Penguatan Pendidikan Karakter Jadi

Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasiona’,

pp. 17–19.

Labibah, L. (2022). MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS III SEKOLAH DASAR (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Murti, T., Sukamto., & Ervina, E, E. (2023). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Penguatan Pendidikan

Karakter Siswa Melalui Penerapan Sikap Religius di SD Mutu Kandang Panjang Kota Pekalongan. Wawasan Pendidikan, 3(1), 309-317.

Suharia, M., & Widiyaningrum, P. (2013). Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Zat Adiktif dan Psikotropika dengan Problem Based Learning

di SMP. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Susilowati, M.T. and Prasetyaningtyas, F.D. (2019) ‘Pengembangan Media Omsurya ( Komik Sumber Daya Alam ) Pada Pembelajaran Ips’, pp. 178– 186. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.3358/psn.v1i1.7795

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Charisma Annuritza Arliana, Duwi Nuvitalia, Tutik Wahyuni, & Ratna Murtiningsih. (2023). PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KONKRET PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS 2. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3359–3365. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5672

Issue

Section

Prosiding 2023