Peningkatan Hasil Belajar Tema 2 Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Origami Pertanyaan Di Kelas III A SD
Keywords:
hasil belajar, model talking stick, origami pertanyaanAbstract
ABSTRAK
Latar belakang masalah rendahnya hasil belajar peserta didik. hasil pembelajaran tema 2 di kelas III A SD Negeri Kalicari 01 Semarang pada materi menyayangi tumbuhan dan hewan masih ada 15 peserta didik dari 28 peserta didik yang tidak mencapai ketuntasan atau belum mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tema 2 melalui model talking stick di Kelas IIIA SD Negeri Kalicari 01 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Yang dilakukan selama 2 siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Pada kegiatan awal presentase nilai tuntas sebesar 46% atau 13 peserta didik dari hasil kegiatan awal melakukan perlakuan tindakan kelas dengan menggunakan model talking stick berbantuan media origami pertanyaan untuk meningkatkan hasil belajar. Pada siklus I presentase nilia tuntas sebanyak 64% atau 18 peserta didik, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 82% atau 23 peaerta didik mencapai nilai tuntas atau KKM. Maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.
References
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Hazmiwati, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 178-184.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Tematik SD/mi. Prenada Media.
Noor, S. (2020). Penggunaan quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X. 6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 SD Menggunakan Model Picture And Picture dan Media Gambar Seri. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 228-242.