UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU POSITIF BERMEDIA SOSIAL MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PERMAINAN WORDBULAGA PADA SISWA KELAS XI 8 SMA NEGERI 9 SEMARANG
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Wordbualaga, Media SosialAbstract
Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perilaku positif penggunaan media sosial melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik permainan Wordbulaga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang dengan subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas XI 8. PTBK ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi dan menggunakan skala penggunaan media sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus atau kondisi awal siswa memiliki perilaku positif penggunaan media sosial pada kategori rendah. pada siklus I siswa (53%) masih dalam kategori rendah. Jika dibandingkan dengan kategori perilaku positif penggunaan media sosial siswa pada siklus II siswa mengalami peningkatan pemahaman penggunaan media sosial pada kategori tinggi. Dengan adanya peningkatan perilaku posititf penggunaan media sosial siswa setelah tindakan siklus I dan II dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik permainan Wordbulaga efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku positif penggunaan media sosial siswa kelas XI 8 di SMA Negeri 9 Semarang.
References
mer, E. P. 2013. Reassessing And Redirecting Research On Race And Sentencing. Justice Quarterly, No. 30. Vol. 2.
Fatimah, Dewi Nur. 2017. Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Self Control SMP Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah:Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 4. No. 1.
Hurlock, E.B. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Santrock. 2006. Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : PT Erlangga.
Setiadi, Ahmad. 2016. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala - Jurnal Humaniora. Vol. 16. No. 2.
Sukmawati, S. et al. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa PPKn. Jurnal …, 6(1), 680–684. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2598
Widdicks, Kelly. 2020. When The Good Turns Ugly: Speculating Next Steps For Digital Wellbeing Tools. School of Computing and Communication Lancaster University. United Kingdom.