Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X.5 SMAN 14 Semarang
Keywords:
Implementasi, Problem Based Learning, hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.5 SMAN 14 Semarang berjumlah 35 Peserta didik. Obejek penelitian adalah implementasi model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas X.5 SMAN 14 Semarang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Terbukti dari hasil penelitian pada data pretest ketercapaian KKTP hanya 20% kemudian pada siklus I menjadi 40 % dan ahirnya pada siklus II menjadi 100%.
References
Endang Poerwanti. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Direktorat JendralPendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Harsono. 2005. Pengantar Problem-Based Learning. Edisi Kedua. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.
Jamil Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk
Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif (Nomor 2).
SuharsimiArikunto. 2010.Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.