75. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Tema 7 Kelas III SDN Pati Lor 03
Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Hasil belajar kelas III kurang maksimal disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, penyampaian materi pembelajaran masih di dominasi menggunakan metode ceramah, sehingga kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada materi tema 7 kelas III di SDN Pati Lor 03. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas III SDN Pati Lor 03 yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III tema 7 Perkembangan Teknologi. Ini dibuktikan dengan pada waktu kondisi awal pra siklus 63% siswa masih dibawah KKM hanya 37% yang tuntas, kemudian di siklus I ketika menggunakan model pembelajaran PBL Menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu 70% siswa tuntas atau di atas KKM, kemudian pada siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar yaitu 85% siswa dinyatakan tuntas di atas KKM.