Upaya Preventif Perilaku Bullying Dengan Media Permaian Ludo Edukasi Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 14 Semarang

Authors

  • nurshafilla saputri Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Perilaku Bullying, Media Permainan Ludo edukasi, Bimbingan Klasikal

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan layanan bimbingan klasikal dengan media permianan ludo edukasi dalam upaya preventif perilaku bullying pada siswa kelas X7 SMA Negeri 14 Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 14 Semarang yang berjumlah 36 siswa sebagai sampel. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan tahap perencanaan, pelasanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan ludo edukasi secara signifikan menurunkan perilaku bullying, serta meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai perilaku bullying dan dampak dalam kehidupan sehari-hari. Data hasil test skala perilaku bullying menunjukkan bahwa seluruh peserta didik mencapai batas ketuntasan, yaitu < 56 atau kriteria rendah. Diperoleh 27 peserta didik (75%) dalam kategori rendah, 8 peserta didik (22%) dalam kategori sedang, serta 1 peserta didik (3%) dalam kategori rendah. Selain itu, observasi yang dilakukan peneliti bersama kolaboran mengungkapkan bahwa eserta didik mampu menunjukkan sikap dan pemahaman tentang perilaku bullying dengan lebih antusias, dan aktif melalui media permainan ludo edukasi yang diadaptasi dari permainan ludo. Hal tersebut melalui indicator observasi yang dilakukan peneliti dengan kolaboran, mendapatkan kriteria sangat baik di akhir siklus dengan hasil 80% > 70%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan ludo edukasi dapat dianggap sebagai alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan sebagai upaya preventif perilaku bullying peserta didik dalam konteks bimbingan dan konseling di sekolah.

References

Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al- Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.105 0

Afiati, E., & Sartika, N. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teori Vygotsky Terhadap Kompetensi Guru Sebagai Pembimbing. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 193-203.

Afrianti, S., Daulay, M. I., Asilestari, P., & Ludo, P. T. (2018). admin,+6+Sulis+52-59. 1(1), 52–59.

Alitani, M. B. (2023). Self-Compassion Pada Mahasiswa Yang Pernah Mengalami Perundungan. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 4(1), 21–

Angguntari, Y. P., & Nugraha, J. (2019). Pengembangan Papan Permainan

Ludo sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/i ndex.php/JPAPUNESA/article/view/ 29462/26984

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Jakarta: PT Rineka Cipta (pp. 1–413)

Aziz, A., & Supriyadi, E. (2022). Upaya Memberikan Infomasi Kepada Siswa Tehadap Bimbingan Dan Konseling Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Bagi Seluruh Siswa Smp Islam Nurul Yaqin. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 1(1), 15–24.

https://doi.org/10.56916/pjmsr.v1i1.1 27

Efiyanti, A. Y., & Wahyuni, E. N. (2019). Fenomena Kehidupan Remaja Yatim/Piatu di Dusun Sendang Biru Kabupaten Malang. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 4(2), 48–56. https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3115

Harahap, E., & Ika Saputri, N. M. (2019). Dampak Psikologis Siswa Korban Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 68.

https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4 i1.68-75

Indriyani, S., Dahlan, S., & Andriyanto, R.

E. (2019). Analisis Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas Al- Azhar 3 Bandar Lampung. ALIBKIN: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(4), 1–

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.ph p/ALIB/article/view/17434

Ismail, T. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 1(1), 283–

Izzaty, A. D., Sunanih, & Nurfitriani, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo Pada Materi Operasi Pengurangan Kelas 3 MIS Sindangraja. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 33–41. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no 1.a3139

Jannah, M. M., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 240–249.

Kardiana, I Gede., & Westa, I Wayan. (2015). Gambaran Tingkat Depresi Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Di SMP PGRI 2 Denpasar Prevalence of Depresion on Bullying Among Student in Junior High School Pgri 2 Denpasar. E- JurnalMedikaUdayana, 1–12. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net

/55095651/bu_putri_bullying.pdf?151 1484653=&response-content- disposition=inline%3B+filename%3D GAMBARAN_TINGKAT_DEPRESI_T

ERHADAP_PERILA.pdf&Expires=161 0239455&Signature=VqEL0QVAd2d0 KQaiVVKadXm~aD7ZgvHXguwD6rvL vTic7eTuC6

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati,

F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia, 17(1), 55.

https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.1 3980

Kawitri, A. Z., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2020). Peran Self- Compassion terhadap Dimensi- dimensi Kualitas Hidup Kesehatan pada Remaja Panti Asuhan. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 01–18.

https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.440 6

Mutiara, C. L. R., & Supradewi, R. (2023). Gambaran Self-Compassion Pada Remaja Penyitas Bullying. Jurnal

Ilmiah Sultas Agung, 583–591.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1).

https://doi.org/10.21043/konseling.v 2i2.4466

Nauli, F. A., Jumaini, & Elita, V. (2017). Analisis Kondisi Bullying pada Anak Usia Sekolah sebagai Upaya Promotif dan Preventif. Jurnal Ners Indonesia, 7(2), 11–20.

Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P.

A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3, 83–95.

https://ojs.htp.ac.id/index.php/JAM/ article/view/3099

Nisa, K., Wahab Hasbullah, K. A., & Wahab Hasbullah, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Agama Islam Melalui Permainan Ludo Edukasi di SMPN 2 Perak Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49–57. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.p hp/abdimaspen/article/view/1164

Oktavianto, E., Melinda, D. W., & Timiyatun, E. (2023). Kejadian Bullying dan Kepercayaan Diri Pada Remaja. Surya Medika: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Dan Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(1), 8–15. https://doi.org/10.32504/sm.v18i1.74 5

Pepadu, P., Wahyu, I., Affarah, S., Amalia, E., Nurbaiti, L., & Kadriyan, H. (2019). Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Public Sharing on Prevention and Impact of Bullying in Adolescents. 1(September), 153– 159.

Pörhölä, M., Almonkari, M., & Kunttu, K. (2019). Bullying and social anxiety experiences in university learning situations. Social Psychology of Education, 22(3), 723–742. https://doi.org/10.1007/s11218-019- 09496-4

Rahmadita, W., Nur Febrianiza, T., Marisa, T., Alexio, A., & Muhamad Imana, N. (2022). Pengaruh Self-Compassion dan Self-Esteem Terhadap Perilaku Cyberbullying pada Mahasiswa Teknologi Informasi. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(8), 1386–1391. https://doi.org/10.59141/comserva.v2 i8.469

Sari, S. R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbasis Permainan Ludo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Kelas XI SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).

Sestiani, R. A., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Dukungan Sosial Terhadap Kepercayaan Diri Penyintas Bullying: Literature Review. Jurnal Tematik, 3(2), 245–251.

https://journals.usm.ac.id/index.php/ tematik/article/view/4568

Sihotang, N., & Yusuf, A. M. (2013). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional ( Studi Eksperimen di SMP Frater Padang ). 2(4).

Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Tobing, J., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Mental Anak Terhadap Terjadinya Peristiwa Bullying. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1882–1889.

Triana, M. M. et all. (2021). Gambaran Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Yang Terlibat Bullying. Journal of Chemical Information and Modeling,

(4), 823–832.

Wardiani, R. T., Nurmala, M. D., & Handoyo, A. W. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di SMA. Jurnal Fokus Konseling, 8(1), 1–7.

Warih Handoyo, A., Studi Bimbingan dan Konseling, P., Keguruan Ilmu Pendidikan, F., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Serang, K. (2023). Pengembangan Media Permainan Ludo Bullying Untuk Meningkatkan Pemahaman Bullying Pada Remaja. Diversity Guidance and Counseling Journal, 1(1), 13–33.

Yolanda, N. S., & Iswendi, I. (2019). Pengembangan Permainan Ludo Kimia Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X SMA/MA. Edukimia Journal, 1(2), 9–

https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i2.a17

Yusman, A. R. A., & Nurhasanah, N. (2017). Jelajah sejarah melalui ludo carpet: upaya mewujudkan generasi nasionalis bagi anak sekolah dasar. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2).

Yousef, W. S. M., & Bellamy, A. (2015). The impact of cyberbullying on the self- esteem and academic functioning of Arab American middle and high school students. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 13(3), 463–482.

https://doi.org/10.14204/ejrep.37.150 11

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

saputri, nurshafilla. (2024). Upaya Preventif Perilaku Bullying Dengan Media Permaian Ludo Edukasi Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 14 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 88–101. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6102

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.