Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Teks Biografi Berbantuan Media Infografis Melalui Model Pembelajaran Think Talk Write Bagi Peserta Didik Kelas X SMK
Keywords:
model pembelajaran think talk write, menceritakan kembali, teks biografiAbstract
Pemilihan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan tepat dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengamati penggunaan model pembelajaran think talk write berbantuan media infografis dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali teks biografi. kurangnya rasa percaya diri peserta didik dalam mempresentasikan teks biografi secara runtut, logis dan kreatif, hal tersebut didasari oleh kurangnya aspek pendukung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti memanfaatkan model pembelajaran think talk write berbantuan media infografis dalam mempresentasikan teks biografi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Animasi yang berjumlah 36 peserta didik dari SMKN 4 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar peserta didik yaitu pada data siklus 2 menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik terdapat 1 peserta didik (3%) memperoleh nilai ≤ 74 dinyatakan tidak tuntas KKTP dan terdapat 35 peserta didik (97%) dinyatakan tuntas KKTP. Sedangkan, Data siklus 1 menunjukkan bahwa dari 36 peserta didik terdapat 31 peserta didik (86%) memperoleh nilai ≤ 74 dinyatakan tidak tuntas KKTP dan terdapat 5 peserta didik (14%) dinyatakan tuntas KKTP. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan model pembelajaran think talk write berbantuan media infografis efektif meningkatkan keterampilan menceritakan kembali teks biografi.
References
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Erlangga
Azhar, Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Permana, E.P. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta didik Kelas 1 di Sekolah Dasar. 2(2), 133-144.
Sitorus, S. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). AUD Cendekia Journal of Islamic Early ChildoodEducation,01(03),200–213.
Zulkarnaini. (011. “Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis”. Jurnal Penelitian Pendidikan.