Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Bermain Peran Peserta Didik Kelas X-9 Sma N 9 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Metode Bermain Peran, Komunikasi InterpersonalAbstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal dengan kategori sedang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan tujuan untuk memahami, meningkatkan, atau mengembangkan berbagai aspek dalam bidang bimbingan dan konseling. Proses penilaian terhadap subjek dilakukan pada tahap sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan atau biasa disebut dengan pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskripsi. Analisis deskripsi PTBK dilakukan melalui pengolahan data baik dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 36 peserta didik dari kelas X-9 SMA N 9 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian dari pra siklus, siklus I sampai siklus II terdapat peningkatan pada komunikasi interpersonal kelas X-9 SMA N 9 Semarang. Kondisi awal sebelum dilaksanakan treatment menunjukkan presentase 65% dalam kategori sedang, lalu pada siklus I meningkat menjadi 71% dalam kategori sedang, dan pada akhirnya pada siklus II mengalami peningkatan lagi mencapai 84% dalam kategori tinggi.
References
Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47.
Wiananda, I. (2020). Peran Komunikasi
Interpersonal Orang Tua Dalam
Membangun Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi, 60. http://repository.radenintan.ac.id/
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan
Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4),2168–
https://edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/1028
Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020).
Pengaruh Konsep Diri Terhadap
Komunikasi Interpersonal Siswa.
(3), 104–110.
Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021).
Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.
Hutajulu, D. A., Syamsuddin, S., & Ariani,
W. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswakelas Xi Ipa 1 Sman 09 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 192. https://doi.org/10.32663/psikodida ktika.v6i1.1343
Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten
Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan
& Konseling Dalam Pendidikan),
(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2
.6600
Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019).
Keterampilan Komunikasi
Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. http://journal.unipdu.ac.id:8080/in dex.php/jpi/article/view/1997
Anggraini, S., Rifai, M., & Muhid, A. (2021).
Peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam perencanaan karier pada siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 16–23. https://doi.org/10.26539/teraputik.