Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Bermain Peran Peserta Didik Kelas X-9 Sma N 9 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Vendilla Noores UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Bimbingan Klasikal, Metode Bermain Peran, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal dengan kategori sedang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X-9 SMA Negeri 9 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan  konseling dengan tujuan untuk memahami, meningkatkan, atau  mengembangkan berbagai aspek dalam bidang bimbingan dan konseling. Proses penilaian terhadap subjek dilakukan pada tahap sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan atau biasa disebut dengan pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskripsi. Analisis deskripsi PTBK dilakukan melalui pengolahan data baik dalam bentuk kualitatif maupun kuantitatif. Populasi penelitian ini sebanyak 36 peserta didik dari kelas X-9 SMA N 9 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian dari pra siklus, siklus I  sampai siklus II terdapat peningkatan pada komunikasi interpersonal kelas X-9 SMA N 9 Semarang. Kondisi awal sebelum dilaksanakan treatment menunjukkan presentase 65% dalam kategori sedang, lalu pada siklus I meningkat menjadi 71% dalam kategori sedang, dan pada akhirnya pada siklus II mengalami peningkatan lagi mencapai 84% dalam kategori tinggi.

References

Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial Pertemuan. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47.

Wiananda, I. (2020). Peran Komunikasi

Interpersonal Orang Tua Dalam

Membangun Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Campang Jaya Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Skripsi, 60. http://repository.radenintan.ac.id/

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan

Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4),2168–

https://edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/1028

Putri, S. D., Aprison, W., & Sari, I. (2020).

Pengaruh Konsep Diri Terhadap

Komunikasi Interpersonal Siswa.

(3), 104–110.

Eriyanti, E., Arafat, Y., & Eddy, S. (2021).

Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2998–3004.

Hutajulu, D. A., Syamsuddin, S., & Ariani,

W. A. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswakelas Xi Ipa 1 Sman 09 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 192. https://doi.org/10.32663/psikodida ktika.v6i1.1343

Endah, N., Eti Rohaeti, E., & Supriatna, E. (2021). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Margaasih Kabupaten

Bandung. FOKUS (Kajian Bimbingan

& Konseling Dalam Pendidikan),

(2), 121. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i2

.6600

Solihah, N. A., & Solichin, M. (2019).

Keterampilan Komunikasi

Interpersonal Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 210–229. http://journal.unipdu.ac.id:8080/in dex.php/jpi/article/view/1997

Anggraini, S., Rifai, M., & Muhid, A. (2021).

Peran layanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam perencanaan karier pada siswa SMA. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 16–23. https://doi.org/10.26539/teraputik.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Noores, V. (2024). Upaya Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Bermain Peran Peserta Didik Kelas X-9 Sma N 9 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 190–197. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6196

Issue

Section

Bimbingan dan Konseling