Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas II SDN Sendangmulyo 02
Keywords:
problem based learning, hasil belajar, Pendidikan PancasilaAbstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dianggap sulit karena memerlukan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai dan filosofi yang mendasari ideologi negara Indonesia. Penyebab utama siswa sulit memahami materi pelajaran sering kali terkait dengan metode pembelajaran yang kurang efektif dan optimal. Problem based learning merupakan metode pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian masalah nyata untuk meningkatkan efektivitas dan optimalisasi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model problem based learning pada mapel Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas II SDN Sendangmulyo 02. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dalam pengumpulan data yang dilakukan peneliti ini adalah dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar sebesar 70 dan ketuntasan sebanyak 16 siswa, meningkat dibandingkan pada pra-siklus yang memiliki rata-rata sebesar 58,46 dan ketuntasan sebanyak 12 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II sebesar 82,69 dan ketuntasan sebanyak 26 siswa.
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arnold, M. (2023). Handbook of Applied Teaching and Learning in Social Work Management Education: Theories, Methods, and Practices in Higher Education. New York: Springer.
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Darmayanti, D. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris melalui Metode Pengajaran Variatif pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Baubau. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 256–263. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.120
McConnell, T. J., Parker, J., & Eberhardt, J. (2017). Problem-based learning in the earth and space science classroom, K-12. Virginia: NSTA Press.
Pratama, V., Yayuk, E., & Arima, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning pada Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Canggu 2 melalui Media Peta Keberagaman Bangsaku. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5689–5700. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8940
Sari, L. A., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76179
Weigand, P. A. (2015). Scenario development for problem-based learning: Learners as developers. ProQuest Dissertations and Theses, (August).