PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGEVALUASI UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL DI KELAS X TE 3 SMKN 7 SEMARANG

Authors

  • GALUH RAHMAWATI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Wordwall, pendekatan berbasis masalah, puisi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TE 3 SMKN 7 Semarang pada pembelajaran mengevaluasi unsur pembangun puisi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan menggunakan media wordwall. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penerapan model PBL dengan media wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran mengevaluasi unsur pembangun drama. Selain itu, model dan media ini juga mampu menciptakan iklim pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Dengan demikian, penerapan model PBL dengan media wordwall dapat direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Remaja Rosdakarya. Agustine, & dkk. (2010). Buku Pintar Bahasa dan Sastra. Semarang: Aneka Ilmu.

Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan Volume 11 No 2, 161-174.

Aina, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia Vol 3 No 3, 95- 101.

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 5 No 6, 5313-5327.

Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian (Edisi Revisi) . Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Dewantara, K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Dewantara, K. H. (2011). Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan.

Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Halik, I. (2021). Membuat Games Edukasi dengan Wordwall. Irhamhalik.com.

Hermuttaqien, B. P., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3 No 1, 16-22.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2020). Pengaruh Media Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1-10.

Kamal , M., Hariadi, J., & Effendi, D. I. (2023). Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam Naskah Puisi Komunitas Seni Rajut "Bertahan" Karya Ardiansyah Abdullah. Jurnal Samudra Bahasa, 30-45.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Jenderal No. 15 Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Magdalena, I., Ningsih, D. R., Febiyanti, F., Fikriyanti, N., & Agnayulia, P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Siswa SD Meruya Selatan 06 di Masa Pandemi Covid-19. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains Vol 3 No 2, 352- 363.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan 4(1), 64-70.

Malewa, E. S., & Muh, A. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru. EDUCANDUM Vol 9 No 1, 22-30.

Muhammad, F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mu'minah, I. H., & Arif, G. A. (2020). Pemanfaatan E-Learning Berbasis Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Vol 4 No 2, 800- 816.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 3 No 5, 2854- 2860.

Noviana. (2023). Peningkatan Kemampuan Bermain Puisi melalui Metode Demonstrasi Berbantuan Multimedia Sinetron Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X TKJ

SMK Bakti Ibu 3 Palembang. Jurnal P4I Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 54-60.

Nurgiyantoro. (2010). Teori Pengkajian Fiksi . Yogyakarta: UGM University Press.

Nuri, M. S. (2016). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi Kasus Pelaksanaan Sistem Among di SDN Timbulharjo Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke 5, 129-140.

Poerwadarminta, W. S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sufanti, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat. Surakarta: UMS.

Sulistiana, I. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA

Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol 2 No 2, 127-133.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.

Tarigan, M., Alvindi, Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 3 No 1

, 149-159.

Wati, D. L., Effendi, M. S., & Murti, S. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Audiovisual terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur-Unsur Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Lubuk Tua. LP3MKIL Vol 3 No 1 , 20-26.

Widiyanti, N., & Ansori, Y. Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Ciparay 1 Tahun Ajaran 2020- 2021. Transformasi Pendidikan sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) di Era Society 5.0 (hal. 222-228). Majalengka: FKIP Unma.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia PTK: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol 1 No 1, 1-11.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

GALUH RAHMAWATI. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGEVALUASI UNSUR PEMBANGUN PUISI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL DI KELAS X TE 3 SMKN 7 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 134–140. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6250

Issue

Section

Bahasa Indonesia