234. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card
Keywords:
Problem Based Learning, Flash Card, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ADALAH SISWA kelas V SD 1 Payaman yang berjumlah 28 siswa. Pada penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 61% dengan nilai rata-rata 75. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 82% dengan nilai rata-rata 81. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA.