234. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card

Authors

  • Ana Khalimatul Muna Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Prayito Universitas PGRI Semarang
  • Ruliyanti SD 1 Payaman

Keywords:

Problem Based Learning, Flash Card, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Flash Card untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ADALAH SISWA kelas V SD 1 Payaman yang berjumlah 28 siswa. Pada penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, metode analisis data dengan analisis deskriptif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 61% dengan nilai rata-rata 75. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 82% dengan nilai rata-rata 81. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar pada mata pelajaran IPA.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Muna, A. K., Prayito, M., & Ruliyanti. (2023). 234. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2085–2090. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4284

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)