Meningkatkan Perilaku Asertif Menggunakan Bimbingan Klasikal Metode Bermain Peran Pada Peserta Didik Kelas X Kecantikan-1 SMK Negeri 6 Semarang
Keywords:
Bimbingan Klasikal, Metode Bermain Peran, Perilaku AsertifAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakang karena terdapat peserta didik yang tidak dapat berperilaku asertif. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat perilaku asertif dan keefektifan layanan bimbingan klasikal dengan metode bermain peran untuk meningkatkan perilaku asertif pada peserta didik kelas x kecantikan 1 SMK N 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian bimbingan dan konseling yang bertujuan untuk memahami, meningkatkan, dan mengembangkan bidang layanan bimbingan dan konseling pada saat ini. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskripstif. Proses penilaian terhadap subjek dilakukan dengan cara sebelum treatment dan sesudah treatment atau dapat disebut pre-test dan post-test. Dalam melakukan analisis menggunakan subjek sebanyak 36 peserta didik dari kelas X kecantikan 1 SMK Negeri 6 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian pra siklus I sampai dengan siklus II diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan perilaku asertif di kelas X kecantikan 1 SMK Negeri 6 Semarang. Kondisi awal sebelum dilakukan treatment menunjukan persentase dengan rata-rata 39 % termasuk dalam kategori rendah. Siklus I dengan persentase 54% kategori sedang dan siklus II terdapat peningkatan persentase 77% termasuk dalam kategori tinggi.
References
Alberti, R.E & Emmons, M. L. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta : Elex Media Komputindo
Amalia, Dini. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Aktivis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta: Fakultas Pikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Andriati, N. (2015). Pengembangan model bimbingan klasikal dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).
Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa organisatoris fakultas hukum universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Hurlock, Elizabeth B. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai. Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Lloyd. (2011). Mengembangkan Perilaku Asertif Yang Positif. Jakarta : Bina Aksara. Mukhtar, M., Yusuf, S., & Budiamin, A. (2016). Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk
Meningkatkan Self-Control Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan
Konseling, 5(1), 1-16.
Munadi, D., Adit, G. N., & Rosita, T. (2018). Meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan layanan bimbingan klasikal untuk peserta didik xi ips 2 yang tinggal di pondok pesantren sma darul falah cihampelas. Fokus (kajian bimbingan & konseling dalam pendidikan), 1(3), 103-110.
Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Nurfajarni, M., Gutji, N., & Wahyuni, H. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2715-2721.
Pramono, A. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Melalui Layanan Informasi Teknik Bermain Peran. Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 2(3). Jurnal Bhakti Pendidikan Indonesia, 2(3).
Ribha, S. (2017). Peningkatan perilaku asertif melalui teknik psikodrama pada siswa Kelas VII D di SMP Negeri 2 Moyudan. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 284-299.
Sabda, M. 2013. Hubungan Perilaku Asertif Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa MTs AlIstam Serang. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Santrock, J. W. (2007). Remaja edisi 11 jilid 1. USA: The McGrawHill Companies
Sitota, G. (2018). Assertiveness and academic achievement motivation of adolescent students in selected secondary schools of Harari peoples regional state,
Ethiopia. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(4), 40-46.
Sriyanto, S., Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku asertif dan kecenderungan kenakalan remaja berdasarkan pola asuh dan peran media massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74-88.
Tadjri, Imam. 2010. Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Semarang: Widya Karya Semarang.
Yessi, Y., & Oktaviana, R. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Yatim Di Palembang. Jurnal Ilmiah