Penerapam Modifikasi Alat Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Volly

Authors

  • diky adiyanarko universitas pgri semarang
  • Donny Anhar Fahmi
  • Sumantri

Keywords:

Problem Based Learning, Passing Bawah, Modifikasi Alat Pembelajaran, Jalan Squats

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerakan passing bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas XI SMA N 8 Semarang tahun pelajaran 2025. Masalah utama yang dihadapi adalah rendahnya ketuntasan belajar siswa pada tahap pra-siklus, yaitu hanya 39% (14 siswa) yang mencapai ketuntasan.

Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan: ketuntasan belajar meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan mencapai 88,89% pada siklus II.

Penerapan modifikasi alat dan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan passing bawah siswa. Pendekatan ini mendorong keterlibatan aktif, kolaborasi, dan kepercayaan diri siswa, serta memungkinkan mereka belajar sesuai kemampuan masing-masing. Dengan demikian, pembelajaran Pendidikan Jasmani menjadi lebih optimal dan bermakna.

References

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Bola voli. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.In

Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/5823/1/B5 DASAR PENDIDIKAN JASMANI GURU SD-1.pdf.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: JurnaIlmuKeislaman,9(1),4960.https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Sepdanius, Endang, et al. (2019). Tes dan Pengukuran OLahraga. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue1).

Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136

Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf

Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Lif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Iskandar (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Cipayung – Ciputat: Gaung Persada (GP).

Soedarsono, FX. 2001. Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. DEPDIKNAS: DIRJEN DIKTI.

Yudhistira, Dadang. (2012). Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta: PT Grasindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Bandung: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Z. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yramawidya.

Harvey, S., & Jarrett, K. (2014). A Review of the Game-Centered Approaches to Teaching and Coaching Literature Since 2006. Physical Education and Sport Pedagogy, 19(3), 278–300. https://doi.org/10.1080/17408989.2012.754005

O'Leary, Z. (2014). The Essential Guide to Doing Your Research Project (2nd ed.). SAGE Publications.

Florean, D. O., & Zaharia, D. V. (2019). The Role of Game-Based Learning in Improving the Teaching–Learning Process in Physical Education. Scientific Conference Proceedings, 38, 255–259.

Koekoek, J., & van Hilvoorde, I. (2018). The ‘performance–pleasure paradox’ in sport games and movement education: pedagogical consequences of game-centred approaches. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(2), 129–143. https://doi.org/10.1080/17408989.2017.1371684

Syaifulloh, M., & Nugroho, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(1), 45–52. https://doi.org/10.17977/um040v9i1p45-52

Nugraha, R. A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Modifikasi Alat Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 19(2), 123–129. https://doi.org/10.24114/jik.v19i2.18029

Maulana, R., & Widodo, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 301–315. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i2.13566

Rahayu, S., & Kusuma, W. A. (2021). Penerapan Model Game Based Learning dalam Pembelajaran PJOK di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, 6(1), 40–48. https://doi.org/10.21009/jikk.061.05

Hidayat, R., & Sugiarto, T. (2018). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dengan Menggunakan Tes Keterampilan Dasar Bola Voli. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1.18137

Rohim, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Modifikasi Alat. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(2), 55–60. https://doi.org/10.26877/jpji.v1i2.5555

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

adiyanarko, diky, Donny Anhar Fahmi, & Sumantri. (2024). Penerapam Modifikasi Alat Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Volly. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 2503020328. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/7038

Issue

Section

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.