Problem-Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik di SMK Negeri 1 Bawen
Keywords:
Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL), Kearifan Lokal, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal. Latar belakangnya adalah rendahnya nilai dan partisipasi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bawen pada pembelajaran sebelumnya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 34 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, serta instrumen seperti LKPD, rubrik diskusi, dan presentasi. Hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 85 menjadi 97, dan ketuntasan belajar meningkat dari 79% menjadi 100%. Aktivitas seperti diskusi dan presentasi juga meningkat. Kesimpulannya, model PBL berbasis kearifan lokal efektif meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa secara kontekstual.
References
Arrozaqu, A. J., & Setiawan, B. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zat aditif. PENDIPA Journal of Science Education, 2022(6), 674–681. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Baehaqi, I. B., Agustini, F., Hayat, M. S., & Rachmawati, F. (2024). Keefektifan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar materi bioteknologi pada kelas IX SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 9(2), 118–123. Retrieved from https://doi.org/10.24905/psej.v9i2.191
Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan model problem based learning berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 167–183. Retrieved from https://www.academia.edu/download/57808648/5._JARTIKA_INTAN_BUDIARTI_167-183.pdf
Jamaah, Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Dampak pembelajaran cara belajar siswa aktif (CBSA) berbasis kearifan lokal terhadap karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1833–1843. Retrieved from https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.1123
Lestari, D. S., Hayat, M. S., Rachmawati, R. C., & Ansori, Moch. (2023). Kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif melalui PBL pada materi sistem respirasi. BIODIK, 9(3), 14–22. Retrieved from https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28159
Lestari, V., Imansyah, F., & Fakhrudin, A. (2022). Pengaruh model problem based learning berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan berfikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 423–431. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v2i1.266
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. Retrieved from https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Anisa, L. N., Widodo, D. K., Kusumaningtyas, R. C., Septiani, F. D., Putri, O. D., Wijaya, A. T., & Savitri, S. A. (2023). Pengaruh model pembelajaran pbl dalam mengembangkan berpikir kritis, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik. NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, 1(3), 56. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/view/26
Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Fajriyah, S. A., Sholekhah, S. D., Ardian, V. V. K., Lestari, S. A., & Firdaus, D. H. (2023). Integrasi model problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa di Indonesia. Numbers : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 44–54. Retrieved from https://mathedu.joln.my.id/index.php/edu/article/view/32
Muliana, Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh penerapan problem based learning (PBL) terhadap keterampilan abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 22. Retrieved from https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/arriyadhiyyat/article/view/2900
Muliarsa, I. K., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Pujani, N. M. (2024). Problem based learning bermuatan kearifan lokal terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 415–425. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.83804
Narwoto, & Soeharto. (2013). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar teori kejuruan siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 222–233. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1603
Oktavianti, I., Ratnasari, Y., & Artikel, I. (2018). Etnopedagogi dalam pembelajaran di sekolah dasar melalui media berbasis kearifan lokal. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 8(2), 149–154. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2025). Analisis penerapan sintaks model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran sejarah materi kelas XI proklamasi kemerdekaan Indonesia. Jurnal Nirwasita, 6(1), 69–74. Retrieved from https://doi.org/10.59672/nirwasita.v6i1.4596
Purwati, S., & Darussyamsu, R. (2021). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 917–922. Retrieved from https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/115
Salim, A. N., & Disman, D. (2023). The implementation of the TPS (think-pair-ahare) learning model to improve students critical thinking skills. Jurnal Lingua Idea, 14(1), 15. Retrieved from https://doi.org/10.20884/1.jli.2023.14.1.8318
Septiani, D. A., Andayani, Y., & Astuti, B. R. P. (2024). Penerapan model problem based learning terintegrasi culturally responsive teaching untuk meningkatkan hasil belajar kimia. DIDAKTIKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 29–36. Retrieved from https://doi.org/10.63757/jptk.v2i1.16
Soraya, D., Jampel, I. N., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis kearifan lokal terhadap sikap sosial dan berfikir kritis pada mata pelajaran matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 76–85. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa
Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran sastra di sekolah dasar berbasis kearifan lokal (cerita rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. Retrieved from https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050
Temuningsih, Peniati, E., & Marianti, A. (2017). Pengaruh penerapan model problem based learning berpendekatan etnosains pada materi sistem reproduksi terhadap kemampuan berpikir kritis. Journal of Biology Education, 6(1), 50229. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Utari, U., Degeng, I. N. S., & Akbar, S. (2016). Pembelajaran tekmatik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p039
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jurnal Penelitian Dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1–17. Retrieved from https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/download/61/51
Zubaid, A. I., Wibowo, K. B., & Abbas, N. (2024). Implementasi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sragen tahun pelajaran 2024/2025. Lisyabab: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(2), 76-92, 5(2), 76–92. Retrieved from https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v5i2.301